Antisipasi PMK, Babinsa Sumberbening Periksa Kesehatan Hewan Ternak

KBRN, Trenggalek : Untuk  mengantisipasi dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa jajaran Koramil 0806/13 Dongko terus bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Polsek Dongko dan instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak.

Seperti yang dilakukan, Babinsa Sumberbening Serda Sukarji Koramil 0806/13 Dongko bersama Bhabinkamtibmas dan petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik warga di Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Selasa (28/6/2022).

Serda Sukarji mengatakan, pemeriksaan  dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak milik warga. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengawasan terhadap PMK jika ada yang menyerang hewan ternak.

“Kami bersama Bhabinkamtibmas dan petugas dari Dinas Peternakan terjun langsung ke lapangan untuk memantau kesehatan hewan ternak milik warga binaan dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan adanya ciri-ciri hewan yang terjangkit virus PMK,” Ujarnya.

Salah satu cara pencegahan yang baik terhadap virus PMK itu tidak hanya memberikan makanan yang bagus untuk hewan ternak, tetapi juga faktor kandang yang harus memenuhi syarat.

Sarana prasara seperti kandang untuk hewan ternak harus selalu dijaga kebersihannya. Karena itu, peternak diharapkan setiap pagi dan sore rajin membersihkan kotoran hewan yang ada di dalam kandang.

Serda Sukarji juga mengimbau seluruh warga Sumberbening yang memiliki hewan ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar