Antisipasi PMK, Babinsa Saradan Lakukan Pemeriksaan Ternak Warga

KBRN, Madiun : Babinsa jajaran Koramil 0803-09/Saradan bersama pihak terkait melakukan pemeriksaan dan pendataan terhadap hewan ternak milik warga di wilayah Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Babinsa Desa Tulung, Serma Agus mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga. Termasuk sebagai langkah pengawasan terhadap penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak.

"Selaku Babinsa kami turun langsung memantau kesehatan sapi milik warga maupun di peternakan yang ada, tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya hewan yang terjangkit virus PMK," kata Agus saat ditemui pada Sabtu (25/6/2022).

Serma Agus juga mengimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain.

"Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung yang kami lakukan bersama mantri hewan, ada 7 ekor sapi yang terinfeksi PMK di Desa Tulung, Kecamatan Saradan, namun sudah dinyatakan sembuh," terangnya. 

Dirinya meminta agar warga segera melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

"Kami minta warga segera melapor kepada petugas bila pada hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK seperti, keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas)," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar