Stabilkan Harga, Dandim Ngawi Cek Minyak Goreng ke Pasar

KBRN, Ngawi: Sebagai upaya menstabilkan harga minyak goreng sesuai instruksi dari pemerintah, Dandim 0805/Ngawi, Letkol Inf Adi Wirawan mengecek langsung harga minyak curah dan kemasan di beberapa toko dan pasar di Kabupaten Ngawi. Kali ini yang menjadi sasaran pengecekan adalah di Pasar Besar Ngawi, Jumat (27/5/2022).

Dari hasil peninjauannya, masih ditemukan beberapa penjual dan pedagang yang menaikkan harga atau tidak sesuai HET yang ditetapkan oleh pemerintah. Adapun harganya bervariasi berkisar Rp14.500 hingga Rp16.000 per liter.

Oleh karenanya, Dandim akan terus berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ngawi untuk melakukan pengawasan dan mengontrol harga tersebut supaya sesuai harga pasar yang ditetapkan pemerintah.

"Setelah kami telusuri dan cek di beberapa toko harga minyak curah masih bervariatif harganya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Analisis Dinas Perdagangan Kabupaten Ngawi, Cristina menjelaskan, harga jual dari distributor dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) ke pihak penyalur Rp13.000 ribu per kg.

“Dari segi jumlah tercukupi," ungkapnya.

Ia menambahkan, mekanisme penjualan khusus bagi pelaku UMKM jumlah pembelian tidak dibatasi sedangkan untuk masyarakat umum dan kebutuhan rumah tangga mendapatkan minyak goreng maksimal 2 kg.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar