Eks Kantor Dinkes dan DLH Kota Madiun Bertahun-Tahun Kosong

KBRN, Madiun: Dua aset kantor milik Pemkot Madiun mangkrak. Bahkan bertahun-tahun dibiarkan kosong tanpa ada aktifitas. Yakni, eks Kantor Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) di Jalan Trunojoyo serta eks Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Jalan Dawuhan.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Sidik Muktiaji tidak menampik adanya dua aset pemkot yang selama ini kosong. Untuk bangunan eks kantor DLH rencananya akan digunakan untuk laboratorium DLH. Menurutnya, bangunan tersebut terakhir disewa pihak ketiga tahun 2020 lalu.

“Kemarin itu rencananya mau memindahkan lab-nya DLH dulu kan di belakangnya RSUD, mau dipindah kesana (eks gedung DLH lama.red), tapi karena anggarannya terbatas, makanya belum bisa karena disana itu kerusakannya lumayan berat, yang pasti nanti direhab dulu,” katanya, Jum’at (27/5/2022).

Sementara untuk bekas kantor Dinkes-PPKB, sedianya akan direhab tahun ini menggunakan dana insentif daerah (DID). Namun karena anggaran yang diperlukan lebih besar dari perkiraan awal, sehingga terpaksa ditunda.

“Harusnya kan dibangun, tapi biayanya sangat besar. Dari sisi kekuatan APBD kita tidak memungkinkan, sehingga memanfaatkan gedung yang ada makanya dipindahkan ke asrama haji,” ungkapnya.

Sidik menegaskan, pihaknya memastikan telah menginventarisasi aset-aset pemkot. Dia membenarkan ada beberapa aset yang hingga saat ini belum dioptimalkan. Termasuk di antaranya rumah dan toko (ruko). Langkah selanjutnya, BKAD berkoordinasi dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) untuk pemanfaatan aset atau lahan tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar