Pendataan Rembug Warga RT, BPS : Harus Disipilin Agar Data Berkualitas

KBRN, Ponorogo : Guna memperkuat dan melengkapi data yang sudah dimiliki pemerintah diantaranya data BPS, Pemkab Ponorogo akan memiliki data mandiri.

Proses pengumpulan data itu akan memotret hingga struktur paling bawah yakni RT. Hal ini diperlukan agar saling bersinergi di tengah cepatnya perubahan.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik akan menjadi leading bersama sejumlah dinas terkait.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Ponorogo Bambang Suhendro menjelaskan bahwa semua pihak harus cepat beradaptasi agar tidak tertinggal di era transformasi digital sekarang ini.

‘’Era di mana yang cepat akan meninggalkan yang lambat. Kami sebagai wali data akan mengawal terbentuknya satu superteam yang berkolaborasi dalam data untuk menuju Ponorogo Hebat,’’ terangnya.

Rembug warga yang menghasilkan data mandiri itu termasuk salah satu poin kegiatan sesuai Surat Edaran Bupati Ponorogo Nomor 140/913/405.14/2022 tentang Pedoman Penggunaan Anggaran Kegiatan Rukun Tetangga (PPAK RT).

Maka bimbingan teknis (Bimtek) terkait pengisian form pendataan rembug warga RT digelar pada  Rabu (25/5/2022), di Gedung Pusdalops. 

Sementara itu, Kepala BPS Ponorogo Siswi Harini berharap semua pihak menjaga disiplin dalam menentukan dan menjaga standar data. Asal usul angka yang diisikan harus jelas didapatkan dari mana. Selain itu, tahun pendataan harus diterakan dan disertai update.

‘’Harus disiplin dalam catatan-catatan seperti ini supaya kualitas data terjaga sehingga dapat dipertanggungjawabkan,’’ jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar