Perkuat BPS, Pemkab Ponorogo Lengkapi Data Mandiri Mulai Dari RT

KBRN, Ponorogo : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo akan memiliki data mandiri yang tergali dari bawah dimulai dari tingkat rukun tetangga (RT). 

Terkait hal itu Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Ponorog menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) pengisian form pendataan rembug warga RT Rabu (25/5/2022), di Gedung Pusdalops. 

Peserta bimtek adalah perwakilan seluruh kecamatan dan desa/kelurahan di Ponorogo, baik secara luring maupun daring.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Ponorogo Bambang Suhendro sebagai wali data berharap melalui bimtek pengisian form tersebut muncul data dari bawah yang valid.

Selanjutnya data mandiri yang didapatkan dari rembug warga RT akan dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan di daerah.

‘’Kami sudah berdiskusi dengan BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa data mandiri daerah diperbolehkan sebagai sandingan data yang dimiliki pemerintah pusat dalam hal ini kementerian-kementerian dan lembaga lainnya,’’ kata Bambang.

Dalam bimtek itu dijelaskan tentang pengisian form dan poin-poin isian apa saja yang diperlukan masing-masing dinas pengampu. 

Setidaknya Ada empat dinas pengampu di lingkup Pemkab Ponorogo yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil; Dinas Pendidikan; Dinas Sosial dan P3A; serta Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar