Pengadaan Seragam Sekolah Gratis Kota Madiun Digelontor Rp1,7 Miliar

KBRN, Madiun: Pemkot Madiun tahun ini kembali melakukan pengadaan seragam bagi ribuan siswa SD dan SMP negeri. Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan sekitar Rp1,7 Miliar. kain seragam, nantinya diberikan untuk siswa baru yakni kelas 1 SDN dan kelas 7 SMPN.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun, Lismawati mengatakan, pengadaan seragam gratis itu dilakukan untuk menunjang program pendidikan yang dicanangkan Walikota Madiun, Maidi dan Wakilnya, Inda Raya. Rencananya, akan ada dua stel kain plus atribut yang akan dibeli pemkot melalui sistem lelang.

Yakni seragam merah-putih dan pramuka untuk siswa SDN, dan seragam biru putih (osis) serta pramuka untuk siswa SMPN. Secara prinsip, pengadaan seragamnya sama seperti tahun sebelumnya. Mekanismenya, pihaknya lebih dahulu membeli contoh kain seragam. Setelah itu, dilakukan uji laboratorium di Bandung atau Jogjakarta untuk melihat kelayakan dan spesifikasi kain. Selanjutnya baru dilakukan lelang.

Seragam : Pemkot Madiun tahun ini kembali melakukan pengadaan seragam sekolah gratis.

“Ini masih proses pengadaannya, kalau sesuai schedule ya secepatnya lah. Jadi jumlahnya seragam merah-putih, biru-putih, pramuka plus atribut masih sama persis seperti tahun lalu,” katanya, Rabu (25/5/2022).

Lismawati menuturkan, jika seragam sudah diterima Dindik, selanjutnya akan dibagikan secara serentak ke masing-masing sekolah. Karenanya, ia mengingatkan pihak sekolah agar tidak memaksakan siswa baru mengenakan seragam saat awal masuk sekolah pertengahan 2022 nanti. Kebijakan dindik ini didasari Permendikbud 45/2014 tentang Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik. Selain bagi siswa SD dan SMP Negeri, pengadaan seragam juga dilakukan untuk almamater bagi siswa TK Negeri Pembina. Pemberian bantuan kain seragam nantinya juga disertai ongkos jahit.

Sementara itu berdasarkan data di Dindik, tahun ini diproyeksikan ada 2.646 siswa SDN dan 2.787 siswa SMPN. Untuk ukuran kain, siswa SD kain atasan 1,25 meter dan bawahan 1 meter. Sedangkan SMP atasan 1,75 meter dan bawahan 1,75 meter. Kemudian ukuran jumbo ditambah 0,50 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar