Kasad Ajak TNI AD Hadir dan Menjadi Solusi bagi Masyarakat

KBRN, Madiun: Ratusan prajurit dan PNS Korem 081/DSJ menerima arahan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui video converance di Aula Jenderal Sudirman Makorem.

Arahan Kasad tersebut diberikan kepada seluruh prajurit dan PNS di jajaran Kodam V/Brawijaya. Kasad mengatakan, sebagai seorang pemimpin tempat terbaiknya di tengah-tengah prajurit. 

“Saya sudah keliling Indonesia di satuan-satuan pelosok seperti Natuna, Kupang dan lainnya. Seluruh satuan sudah saya datangi untuk melihat langsung kondisi para prajurit,” katanya di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Sabtu (21/5/2022).  

Dari hasil Kunkernya itu, Kasad melihat kondisi di wilayah Kodam V/Brawijaya relatif tidak sulit dan mudah dijangkau. Baik dengan roda 2 maupun roda 4. Tidak seperti dengan daerah terluar Indonesia yang terkadang harus ditempuh dengan kapal dan butuh waktu beberapa hari.

Untuk itu, dia meminta kepada para prajurit di Kodam V/Brawijaya, khususnya para Babinsa mampu berbuat lebih dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dirinya memberikan beberapa contoh upaya dari para Babinsa yang bertugas di pelosok Indonesia yang dinilainya telah berhasil membantu masyarakat.

“Desa Lewa di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, saya mendapat informasi ada seorang nenek-nenek lansia yang tinggal di rumah gubuk atau bilik. Kalau hujan pasti airnya masuk. Keprihatinan melihat kondisi itu, kita pun berupaya memerintahkan Babinsa di sana untuk memperbaiki rumah tersebut. Dan Alhamdulillah Babinsa itu mampu dan kemarin sudah selesai,” bebernya.

“Begitu juga Koramil di Kupang. Babinsa di sana melakukan pemberdayaan daun kelor yang dikumpulkan dari masyarakat dan selanjutnya diolah dengan mesin yang ada di Koramil. Dari situ Koramil bisa mendapatkan penghasilan yang bisa menyejahterakan anggotanya. Dan yang terpenting adalah kesejahteraan masyarakat di sana juga meningkat,” tambahnya.

Kasad pun memberikan apresiasi terhadap langkah dan upaya yang mereka lakukan untuk berkiprah dan berbuat bagi masyarakat.

“Kebanggaan bagi saya, apa yang ada pada 7 Perintah Harian Kasad benar-benar dilaksanakan. TNI AD harus hadir di tengah-tengah masyarakat dan menjadi solusi,” tegasnya.

Begitu juga di Kodam V/Brawijaya, Kasad juga telah melihat bebagai produk yang dihasilkan oleh para anggota dan dinilainya telah mampu meningkatkan kesejahteraan dan membantu masyarakat.

Oleh karena itu, dia juga memberikan penghargaan kepada para Babinsa di Kodam V/Brawijaya yang telah berjuang dan banyak berbakti kepada masyarakat. Meski usia mereka banyak yang sudah relatif tua, namun masih tetap semangat.

Lebih lanjut dikatakannya, pemimpin yang hebat itu mencintai anak buahnya. Tapi lebih hebat lagi jika dicintai anak buahnya. Untuk itu pemimpin harus peduli terhadap anggotanya.

“Seorang pemimpin itu harus punya empati, tidak seenaknya sendiri. Harus tahu bagaimana rasanya menjadi seorang prajurit. Kalau anak buah sakit, kita juga harus ikut merasakannya,” ujarnya.

“Kalau ada rekan kita yang gugur, kita harus ikut merasakan. Makanya kalau ada prajurit yang gugur saya pasti datang,” imbuhnya.

Mengenai tahun politik yang sudah dimulai tahun ini, Kasad menekankan jajarannya untuk peka terhadap perkembangannya. Begitu pula dengan perkembangan paham radikalisme yang dinilainya sangat cepat dan dalam hitungan menit.

“Dengan adanya Medsos, perkembangan radikalisme tentunya semakin cepat. Jangan sampai kita dan masyarakat terpengaruh. Lakukan temu cepat dan lapor cepat, serta deteksi dini dan cegah dini,” katanya.

“Kalian waspadai dan cermati. Jangan kita terlena, karena perkembangan mereka begitu cepat,” lanjutnya.

Terkait bentuk perhatiannya yang memberikan dukungan susu serdadu kepada anggotanya. Jenderal Dudung berjanji hal itu akan terus dilakukannya setiap bulan.

Sebelum mengakhiri arahannya, mantan Pangkostrad itu juga mengingatkan kepada para prajuritnya untuk lebih peduli terhadap keluarganya.

“Jaga kesehatan kalian. Keluarga kalian perhatikan. Sayangi dan bahagiakan anak istri kalian. Kalian bisa seperti sekarang ini karena berkat anak dan istri. Pokoknya cintai dan sayangi keluargamu,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar