CJH Kota Madiun Tahun Ini Hanya Bisa Berangkat 45 Persen

KBRN, Madiun: Calon Jamaah Haji (CJH) harus ekstra bersabar. Sebab, CJH yang akan berangkat tahun ini hanya 45 persen dari kuota yang seharusnya berangkat. Di Kota Madiun, tahun ini hanya 83 orang yang berangkat ke tanah suci dari kuota normal 180-an orang.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Abdul Wahid mengatakan, Pemerintah Arab Saudi menetapkan batasan usia maksimal 65 tahun untuk jamaah haji tahun ini. Dengan demikian bagi CJH berusia lebih 65 tahun, akan menjadi prioritas untuk keberangkatan tahun depan.

"Karena usia 65 tahun keatas itu rentan terpapar covid-19, maka dimohon sabar, karena ini demi kemaslahatan bersama. Aturan ini ditetapkan oleh Kerajaan Arab Saudi, berdasarkan survei dan rekomendasi dari menteri kesehatan, makanya yang usia 65 tahun keatas sementara ditunda," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

Wahid menyatakan, setelah mendapat kepastian keberangkatan dan kuota jamaah haji dari pemerintah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat dan Pemkot Madiun untuk melakukan cek kesehatan dan persiapan lainnya. Apalagi, keberangkatan CJH kloter pertama CJH dari tanah air dilaksanakan pada 4 Juni mendatang.

Ia berharap uji coba yang dilaksanakan Pemerintah Arab Saudi tahun ini berhasil. Dengan demikian tahun depan seluruh CJH yang sudah masuk daftar list tunggu, bisa berangkat ke tanah suci.

"Saya doakan semuanya sehat dan yang belum bisa berangkat tahun ini bisa berangkat tahun depan," tandasnya. (Foto:Dok)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar