Catat, Ini Event Nasional dan Internasional di Hari Jadi ke-104 Kota Madiun

KBRN, Madiun: Hari Jadi ke-104 Kota Madiun tahun ini dipastikan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya pemkot telah menyiapkan 22 rangkaian acara bertajuk Madiun Kreatif Fest berskala nasional hingga internasional. Ini seiring kebijakan pemerintah yang sedikit melonggarkan penggunaan masker di tempat terbuka (out door).

Walikota Madiun, Maidi mengatakan, ‘Gas Ekonomi, Stop Covid’ menjadi tema yang dipilih dalam rangka Hari Jadi ke-104 Kota Madiun, 20 Juni mendatang. Rangkaian acara diawali Festival Pecel Pincuk, pagelaran musik keroncong dan angklung serta tembang kenangan koes plus pada awal Mei lalu di Pahlawan Bisnis Center (PBC) kawasan Lapangan Pelti.

“Hari Jadi Kota kita ada event nasional dan internasional. Jadi dengan adanya kelonggaran dari pemerintah ini, kita manfaatkan. Ekonomi kita gas,” ujarnya, ditemui di Balaikota Madiun, Kamis (19/5/2022).

Maidi menyatakan, event tersebut sengaja digelar untuk mengobati kerinduan masyarakat dalam memperingati Hari Jadi kotanya. Apalagi dua tahun ini, Hari Jadi kota hanya digelar secara sederhana tanpa ada euforia.

“Nanti pada tanggal 15-17 Juli akan ada balap sepeda. Madiun kota dan sekitarnya akan kita konektingkan dengan Telaga Sarangan hingga Cemoro Sewu. Ini peserta yang mengikuti ada dari internasional,” tambahnya.

Semarak: Serangkaian acara memperingati Hari Jadi ke-104 Kota Madiun telah dipersiapkan. 

Sementara itu acara Hari Jadi Kota Madiun juga dimeriahkan dengan lomba burung kicau mania Walikota Cup pada 15 Mei dan 22 Mei di Bantaran. Kemudian dilanjutkan sarasehan budaya seni pencak silat di Balaikota Madiun  pada 1 Juni mendatang. Selanjutnya ziarah makam Kuncen dan Taman dilaksanakan 16 Juni.

Esoknya dilaksanakan festival music gambrung pada 17 Juni di Lapangan Pelti. Puncak acara dilaksanakan upacara di Alun-Alun kota pada 20 Juni, malamnya akan ada pegalaran wayang kulit di Lapangan Pelti. Di hari dan tempat yang sama digelar festival djajanan Medioen.  Kemudian Kenduri akbar pada 21 Juni di Lapangan pelti.

Tidak hanya itu saja, acara Hari Jadi Kota Madiun ke-104 juga dimeriahkan dengan acara custom classic automobile di Pahlawan Street Center (PSC) pada 24 Juni. Pekan Raya Kota Madiun dilaksanakan di Alun-Alun mulai 24 Juni hingga 10 Juli. Pun juga ada parade opel Blazer Community dilaksanakan di Halaman Suncity pada 25-26 Juni.

Pameran Pesona Pusaka dilaksanakan 1-3 Juli. Medioen Sunatan di rumah dinas walikota pada 6 Juli. Medioen Mantu dan pagelaran musik tradisional dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota pada 14 Juli 2022. Selanjutnya Grand Opening Bogowonto Culinary Fest pada 15 Juli dan event internasional akan digelar oleh pemkot bertajuk Madiun Lawu Challenge (MLC) 2022 start dari PSC pada 15-17 Juli 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar