Kantong Parkir Jalan Bogowonto Kota Madiun Mulai Disiapkan

KBRN, Madiun: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun bersiap mengoptimalkan lalu lintas (lalin) dan pengadaan kantong parkir baru di kawasan tempat kuliner dalam gerbong, Jalan Bogowonto. Ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kepadatan kendaraan jika kawasan tersebut resmi beroperasi.

Kepala Dishub, Harum Kusumawati mengatakan, Pasar Kawak Jalan Kutai nantinya akan menjadi sasaran utama penataan. Apalagi di ruas jalan satu arah itu masih banyak kendaraan yang nekat parkir di sisi kanan-kiri jalan. Padahal, semestinya parkir hanya di sisi kanan (selatan) jalan.

“Nanti perlu kita bicarakan dengan forum lalu lintas angkutan jalan (LLAJ) terkait penyiapan kantong parkir,” kata Harum, Rabu (18/5/2022).

Ia berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) juga membangun kantong parkir. Opsi sementara ada di seputaran Alun-Alun. Dengan demikian ketika banyak pengunjung, tidak sampai membuat kemacetan atau crowded di sepanjang jalur tersebut.

“Kalau nggak ada penambahan (kantong parkir.red), pasti nggak akan mencukupi,” tuturnya.

Jika telah tersedia kantong parkir baru, pihaknya akan menyediakan pelican crossing, penyeberangan pejalan kaki dengan sinyal lalu lintas dari alun-alun menuju Jalan Bogowonto. Pun, akan memaksimalkan rambu lalin demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung.

“Kami tata maksimal, yang kurang akan kami lengkapi,” ujarnya.

Selain itu, untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas di Jalan Bogowonto, dinsnya akan memasang speed bump atau ”polisi tidur” pada beberapa titik di kawasan tersebut. Mulai ruas Jalan Agus Salim, Jalan Kolonel Marhadi, hingga Jalan Panglima Sudirman.

“Kita perlu memasang speed bump agar kendaraan berjalan pelan,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar