Tingkatkan Kemampuan Fisik, Kodim 0805/ Ngawi Gelar Garjas Periodik

KBRN, Ngawi: Dalam rangka memelihara dan membina fisik secara berkala, Kodim 0805/Ngawi melaksanakan Penyegaran Jasmani (Garjas) Periodik tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Yon Armed 12/K Ngawi, Kelurahan Grudo, Ngawi, Rabu (17/5/2022).

Samapta periodik kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena situasi dan kondisi masih pandemi Covid 19, dalam pelaksanaannya seluruh anggota diwajibkan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Yaitu dengan tes suhu tubuh dan bermasker saat pemeriksaan awal dimulai.

Sebelum melaksanakan Garjas samapta anggota terlebih dahulu mengisi data formulir ceklis, pemeriksaan tensi darah oleh tim kesehatan dari Polkes V/ngawi, dan melakukan pemanasan dan peregangan otot oleh tim Jasrem 081/Dsj untuk menghindari cidera saat pelaksanaan garjas.

Kesamaptaan jasmani yang dilaksanakan meliputi Samapta A yaitu lari 12 menit, dan Samapta B yang meliputi pull up, sit up, push up selama 1 menit serta Lunges dan suttle Run (Lari angka delapan). Pada pelaksanaan lari 12 menit diperbolehkan membuka masker sesuai petunjuk dari pelatih atau penyelenggara.

Sementara itu, Komandan Kodim 0805/Ngawi, Letkol Inf Adi Wirawan memantau dan terjun langsung dalam kegiatan pelaksanaan garjas periodik yang diikuti oleh separo kekuatan personel Kodim Ngawi.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, tertib dan aman, sehingga kegiatan ini benar-benar berguna dan bermanfaat bagi kita untuk mengukur kemampuan fisik kita secara berkala," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, bagi personel yang mempunyai riwayat sakit dalam dihimbau untuk tidak memaksakan diri untuk melakukan kegiatan ini. Sebab sangat berisiko yang mengakibatkan kerugian baik dirinya sendiri maupun Satuan.

"Maka dari itu cek sebelum pelaksanaan dimulai," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar