Demangan Kota Madiun Jadi Kelurahan Ter-Cantik di Jatim

KBRN, Madiun: Kelurahan Demangan, Kota Madiun ditetapkan sebagai tiga terbaik kelurahan ter-cinta statistik (cantik) di Jawa Timur 2021. Penghargaan langsung diberikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur Dadang Hardiwan kepada Wali Kota Madiun Maidi di GCIO Diskominfo Kota Madiun, Jum’at (27/1/2022). Dalam acara itu turut dihadiri seluruh kepala BPS kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Dadang Hardiwan mengatakan, kelurahan cantik merupakan ajang penghargaan yang diinisasi BPS. Tujuannya meningkatkan kapasitas kelurahan sebagai ujung tombak produk data statistik. Pasalnya, data statistik merupakan pijakan untuk menentukan arah pembangunan daerah. Ini mengingat perbaikan tata kelola statistik perlu dilakukan secara paralel.

“Kelurahan cantik dirancang agar produk data yang dihasilkan mendasar pada pola top down maupun bottom up. Adapun pola top down menyaran pada integrasi perencanaan, pemenuhan prinsip satu data, serta membangun narasi dan kolaborasi yang baik melalui pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) mumpuni,” ujarnya.

Sementara pola bootom up mencakup harmonisasi proses pengumpulan data dan pemutakhiran data di tingkat kelurahan/desa. Pemenuhan data statistik yang lebih baik dari tingkat bawah, pemanfaatan data statistik untuk pembangunan kelurahan/desa, serta pengawasan yang lebih efektif dan efisien.

“Perlunya peningkatan kapasitas statistik di tingkat kabupaten dan daerah sampai dengan kelurahan ataupun desa,” imbuhnya.

Dadang menambahkan, dasar hukum kelurahan cantik mengacu pada UU Nomor 16/1997 tentang Statistik, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39/2019 tentang Satu Data Indonesia. Serta Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 25/2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024. Dengan begitu kapasitas dan produk statistik lebih baik, pembangunan pun juga lebih tepat sasaran.

Dari Kota Madiun, ada tiga kelurahan yang menjadi pilot project kelurahan cantik. Yakni Kelurahan Demangan, Winongo, dan Kelun. Sementara secara keseluruhan, ada 100 kelurahan/desa di Jawa Timur. Dari total itu BPS Jawa Timur menetapkan tiga kelurahan cantik. Salah satunya, Kelurahan Demangan, Kota Madiun.

Wali Kota Madiun Maidi mengungkapkan, ke depan seluruh kelurahan di Kota Madiun dipersiapkan menjadi kelurahan cantik. Yakni berkontribusi dalam mewujudkan data statistik yang valid, lengkap, dan akurat. Sehingga perencanaan pembangunan lebih komprehensif.

“Karena kelurahan ini merupakan satuan organisasi yang utama dan berdiri di lini depan,’’ kata Maidi dalam sambutannya.

Tahun ini, pemkot mengajukan sembilan kelurahan untuk menjadi wakil dari Kota Madiun dalam ajang tersebut. Dari Kecamatan Manguharjo yakni Kelurahan Madiun Lor, Patihan, dan Pangongan. Kecamatan Kartoharjo yakni Kelurahan Kanigoro, Kartoharjo, dan Klegen. Serta dari Kecamatan Taman yakni Kelurahan Mojorejo, Taman, dan Josenan.

“Sederhananya, gagal dalam merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan,’’ tandasnya. (Kominfo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar