Jelang Imlek, Umat TITD Hwi Ing Kiong Bersih-bersih Rupang

KBRN, Madiun: Menjelang Hari Raya Imlek 2573 Kongzili tahun 2022, umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwi Ing Kiong Madiun mulai membersihkan altar dan rupang, Kamis (27/1/2022). Tahun ini, Imlek jatuh pada Selasa, 1 Februari bershio Macan Air.

Ketua TITD Hwi Ing Kiong Madiun, Iwan Budijanto mengatakan, sebelum membersihkan rupang, terlebih dulu dilakukan do'a. Kemudian baru membersihkan rupang dewa dewi dengan cara memandikan dengan air yang telah diberi aroma wangi serta bunga mawar. Pembersihan melibatkan pengurus, umat Tionghoa serta simpatisan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya kita melaksanakan bersih-bersih tempat ibadah baik di luar maupun di dalam ruang utama yang ada di TITD Hwi Ing Kiong Madiun. Dimulai pembersihan halaman, tempat rupang dan aksesoris lainnya," katanya.

Fokus : Seorang umat Klenteng Hwi Ing Kiong Madiun melakukan pembersihan rupang jelang Imlek.

Iwan menyatakan, selain membersihkan altar dan rupang, mereka juga menata lampion dan lilin yang akan digunakan untuk kegiatan ibadah nanti. Dalam perayaan Imlek tahun ini, banyak harapan yang dido’akan oleh warga Tionghoa untuk keberkahan dan keselamatan pribadi, keluarga, leluhur, bangsa dan negara.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan memperingati Hari Raya Imlek di Klenteng Hwi Ing Kiong Madiun diantaranya sembahyang bersama pada 31 Januari 2022. Serta pada hari H juga tidak ada kegiatan upacara atau peribadatan khusus, melainkan para umat dan simpatisan dipersilahkan sembahyang secara pribadi masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar