3 Sektor Jadi Pendongkrak Ekonomi, DPRD: Februari Harus Mulai Pengerjaan Fisik

KBRN, Magetan: DPRD Kabupaten Magetan mendorong pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Magetan oleh badan eksekutif dari APBD tahun 2022, dilaksanakan di awal tahun. Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno mengatakan DPRD selaku pengawas kegiatan pelaksanan pembagunan mendorong OPD terkait untuk segera menyelesaikan kegiatan admnistrasi di Bulan Januari sehingga dari sisi administrasi bisa mendukung pelaksanaan kegiatan fisik di Bulan Februari.

Dengan percepatan pelaksanaan kegiatan baik administrasi maupun fisik, menurut Sujatno, akan mempermudah capaian kwantitas maupun kwalitas dari kegiatan pelaksanan pembangunan yang sudah direncankaan pada tahun 2021.

“Mulai Januari, Februari mulai up, sesuai dengan tugas dan fungsi kami di DPRD kami melakukan pengawasan sehingga pelaksanaan kegiatan khususnya fisik bisa dilakukan di awal tahun. Dengan demikian kwalitas kwantitas bisa terpenuhi. Berkaitan dengan proses lelang bisa di Bulan Januari, tapi kalau soal pelaksanaan fisik ada proses. Kemarin Januari saja anggaran belum bisa kita pakai karena ada persetujuan dari gubernur dan sebagainya, ya secepatnya lah,” ujarnya.

Berdasarkan pembahasan pembangunan 2022, DPRD mendorong agar badan eksekutif memfokuskan pada utamanya 3 sektor yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Sektor tersebut antara lain pertanian, peternakan, perikanan; UMKM; dan Pariwisata.

“Kegiatan-kegiatan fisik juga harus dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Tiga sektor yang harus diperhatikan yakni sektor pertanian, peternakan, perikanan; UMKM; dan pariwisata. Ketiga sektor ini bisa dikolaborasi, misalnya pertanian, kalau pengelolaannya bagus bisa menjadi wahana wisata dan seterusnya,” pungkasnnya.

Sebagai tambahan, pada tahun 2022 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Magetan mencapai 1,7 triliun rupiah. Ditambah PAD sebesar 200 miliar rupiah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar