Walikota: Keterbukaan Informasi Jadi Pionir Jalankan Roda Pemerintahan

KBRN, Madiun: Keterbukaan informasi menjadi pionir dalam menjalankan roda pemerintahan. Di Kota Madiun, keterbukaan diwujudkan dalam beberapa hal. Diantaranya berkaitan dengan APBD, yang dapat dicek dan diawasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Walikota Madiun, Maidi saat menjadi narasumber dalam acara Walikota Menyapa 17 Tahun LPPL Radio Suara Madiun. Sekaligus menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selaku Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah se-Indonesia (Persada.ID), Selasa (25/1/2022). Kegiatan tersebut mengambil tema New Spirit Rem Covid-Gas Ekonomi.

"Apabila keterbukaan dikepedankan, tidak ada lagi prasangka,’’ kata Maidi.

Maidi mengungkapkan, melalui keterbukaan tersebut seluruh program pemerintah dapat berjalan dengan baik. Salah satu buktinya, pemkot meraih penghargaan Badan Publik Informatif se-Jawa Timur 2021 dengan nilai nyaris sempurna dari Komisi Informasi Jawa Timur. Fasilitas wi-fi gratis yang tersebar di 1.800 titik turut menjadi sarana keterbukaan publik. 

‘’Pemkot juga dapat penghargaan smart city untuk dimensi smart society. Ada lagi penghargaan Top Digital Award Bintang 4 dari It Works,’’ lanjutnya.

Maidi menyebutkan, pemkot siap menerima masukan membangun dari berbagai pihak. Bahkan orang nomor satu di Pemkot Madiun itu gowes blusukan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) ke lingkungan untuk menampung persoalan di sosial masyarakat. Dalam sehari, Maidi keliling bersepeda minimal 17-20 kilometer. 

"Kami hadir menyelesaikan, kebutuhan tercukupi. Itulah pembangunan yang sampai rakyat,’’ katanya.

Maidi menjelaskan, melalui blusukan seluruh program dirancang riil sesuai kebutuhan warga. Sehingga pembangunan prioritas dapat diwujudkan dengan efektif dan efisien. Mulai pembangunan skala dasar seperti jalan, pavingisasi, penerangan jalan umum (PJU), saluran, jambanisasi, hingga rumah tidak layak huni (RTLH). 

"Jadi Musrenbang 2023 untuk usulan 2024 sudah tidak ada lagi usulan pekerjaan skala kecil. 2024 tinggal meramaikan dan memanfaatkan hasil pembangunan,’’ ungkapnya.

Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum Persada.ID, mengapresiasi keterbukaan informasi yang dijalankan Pemkot Madiun. Bahkan menurutnya upaya itu pantas ditularkan ke daerah-daerah lain. Sebab, keterbukaan publik merupakan cara untuk mewujudkan reformasi birokrasi. 

‘’Gaya Pak Wali masuk ke kampung naik sepeda itu juga bagian dari keterbukaan, itu keren, nempel di otak saya,’’ kata Ganjar via Zoom.

Ganjar menambahkan, pemkot telah mewujudkan new spirit melalui kebijakan ASN belanja di lapak UMKM kelurahan. Menurutnya itu merupakan solusi terbaik di masa pandemi. Pada sisi lain, dia sepakat bahwa semakin informasi ditutupi maka gep (kesenjangan) semakin tinggi. 

‘’Kekuatan sekarang adalah kolaborasi,’’ tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar