Pupuk Subsidi Ilegal Beredar, Ketua KTNA Kab Madiun Resah

KBRN, Madiun : Petani di Kabupaten Madiun kini dibuat resah dengan adanya dugaan peredaran pupuk subsidi secara ilegal.

Ketua KTNA Kabupaten Madiun, Suharno mendesak Komite Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), segera bergerak cepat agar petani tidak semakin dirugikan dengan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut

" Saya Sangat khawatir sekarang ini pupuk subsidi ilegal banyak sekali beredar di kabupaten Madiun,dan ini nanti juga berdampak ke petani, " Ujarnya. Selasa ( 25/1/2022).

Dijelaskan, peredaran ilegal pupuk subsidi sudah terjadi masif di sejumlah wilayah seperti Kecamatan Kebonsari, Dolopo, Nglames, Sawahan, Jiwan, hingga Balerejo.

Modusnya oknum berkeliling dua sampai tiga hari sebelumnya, mendata masyarakat di kelompok tani yang membutuhkan pupuk dengan harga yang sudah ditetapkan dan akan dikirim sesuai jumlah permintaan.

Suharno mengungkapkan petani yang terpaksa.  memenuhi kebutuhan pupuk,pasti akan lebih memilih pupuk subsidi yang beredar ilegal tersebut dibandingkan non subsidi dengan pertimbangan harga.

Suharno menambahkan pihaknya juga was - was, sebab  SK Bupati hingga saat ini Beluma terbit, nantinya akan menghambat pendistribusian distributor dan kios, karena kebutuhan pupuk di petani bukan per bulan atau per hari akan tetapi per musim tanam.

" Ketika petani sudah mulai tanam satu minggu sudah harus dipupuk pertama, dua minggu lagi harus dipupuk kedua dan di usia 35 hari pemupukan terakhir, " Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar