Tiga Siswa Madiun Sabet Tiga Medali Tingkat Nasional

KBRN,Madiun : Situasi pandemi tidak menjadi halangan semangat dalam meraih prestasi. Seperti siswa Kabupaten Madiun kembali meraih prestasi, membanggakan di ajang nasional. Kali ini torehan prestasi nasional tersebut datang dari tiga siswa yakni Qurrotu Aini Nur Amalina dan Arni Ayyu Hannabi dari SMP Negeri 1 Mejayan, Ardhinantika Izamahera Miranti dari SMP Negeri 1 Dolopo. 

Prestasi yang didapat tersebut dari ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada mapel IPS. Ketiganya secara berurutan mendapatkan medal emas, perak, dan perunggu.

Bupati Madiun Ahmad Dawami menuturkan meskipun saat ini masih di dalam situasi pandemi para siswa tersebut, tidak pernah menyerah dan terus menghasilkan sebuah prestasi. 

Bupati Ahmad Dawami menilai para siswi berprestasi tersebut,menjadi contoh untuk siswa lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Madiun mampu bersaing di kancah nasional.

"Tiga orang ini (siswa para pemenang) saya pikir representasi banyak anak di Kabupaten Madiun, menunjukkan potensi siswa (di Kabupaten Madiun) sangat besar" Ujarnya. Selasa (25/1/2022).

Dijelaskan  tantangan pendidikan semakin tahun semakin berat. Untuk itu, dirinya menekankan kepada para guru bimbingan konseling (BK) harus memberikan pemahaman dan semangat kepada para wali murid untuk berprestasi. 

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah  menambahkan jika ketiga siswi  melewati proses yang panjang sebelum menjadi juara. Pembinaan yang baik dari para guru dan tekad para siswa menjadi faktor terbesar dalam keberhasilan ini.

" Semua berkat semangat mereka, sehingga saat ini berada di titik ini menjadi juara, " Ungkapnya.

Sementara itu, peraih medali emas Qurrotu Aini Nur Amalina mengaku agak gugup melihat peserta lain,  namun karena keinginan dan kebulatan tekad nya untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya, ia berusaha semaksimal mungkin dalam kesempatan tersebut dan akhirnya mendapatkan emas. Dirinya berhasil menyingkirkan sekitar 735 pesaing lainnya.

"Giat belajar dengan sungguh-sungguh, saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengharumkan nama Kabupaten Madiun dalam perhelatan nasional tersebut," ujar siswa yang beralamatkan di Desa Kuncen RT 01/RW 01 Kecamatan Mejayan tersebut.

Untuk diketahui, Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2021 secara resmi telah dibuka pada 7 November 2021 lalu. KSN mengangkat tema “Talenta Sains untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh” diikuti 2.179 siswa.

Dua ribu siswa yang mengikuti KSN 2021 tersebut terdiri dari 544 siswa tingkat SD/MI, 735 siswa tingkat SMP/MTs, dan 900 siswa tingkat SMA/MA. Mereka siap salin asah kemampuan sains dalam KSN 2021 yang digelar secara daring pada 7-13 November 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar