Intensitas Hujan Tinggi, Masyarakat Waspadai Penyakit DBD

KBRN, Magetan : Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan menghimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD), terlebih saat ini, intensitas musim penghujan sedang tinggi.

Plt. Kepala Dinkes dr. Rohmad Hidayat menyebut, kasus DBD terus naik, jumlah penderita mencapai 41 orang. Sedangkan tiga bulan terakhir tahun 2021. Lalu di bulan Oktober jumlah kasus DBD ada 15 orang. Di bulan November 25 orang dan bulan Desember ada 31 orang.

“Kami menyiapkan fasilitas rawat inap dalam upaya mewaspadai terjadinya lonjakan penderita DBD. Baik di RSUD dr Sayidiman maupun di puskesmas,” ungkapnya, Selasa (25/1/2022).

Dijelaskan, beberapa gejala umum dari penyakit yakni, demam tinggi mencapai 40 derajat Celsius, Nyeri kepala berat, nyeri, otot, dan tulang, Nyeri pada bagian belakang mata, Nafsu makan menurun, mual muntah, Pembengkakan kelenjar getah bening, Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening sertaPerdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit.

dr. Rohmad juga mengimbau, agar warga masyarakat betul-betul waspada dengan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aygepti tersebut. Masyarakat harus melakukan pemantauan jentik secara berkala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar