Mayor Inf. Arief Widyanto Jabat Danyonif Para Raider 501/BY

KBRN, Madiun: Tongkat komando Batalyon Infanteri Para Raider 501 Bajra Yudha Madiun resmi berganti. Dari Letkol Inf. Arfa Yudha Prasetya kepada Mayor Inf. Arief Widyanto. Serah terima jabatan dipimpin langsung Danbrigif Para Raider 18/Trisula Kostrad, Kolonel Inf. I Gusti Bagus Putu Wijangsa, di lapangan Mayonif 501 Madiun, Selasa (18/1/2022).

Danyon yang lama, Letkol Inf. Arfa mengatakan, selama bertugas di Yonif Para Raider 501/BY Madiun sekitar 17 bulan, banyak kesan yang ia dapatkan. Bahkan kelancaran tugas yang diemban prajurit selama bertugas sebagai satuan tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) penyangga mobile RI-PNG beberapa waktu lalu, tidak lepas dari dukungan dan do'a masyarakat. Karenanya ia berpesan kepada pejabat yang baru, untuk mempertahankan pencapaian yang sudah ada dan menciptakan inovasi yang lebih baik untuk satuan demi menjaga NKRI.

"Tanpa dukungan dan do'a dari masyarakat Madiun ini tentunya prajurit kami tidak bisa maksimal dalam melaksanakan tugas. Kemudian saya bangga menjadi bagian dari pasukan Yonif Para Raider 501/BY yang memang pasukannya solid, loyal, berdedikasi tinggi dan tidak pernah kenal menyerahkan serta putus asa," ungkapnya.

Danyon yang baru, Mayor. Inf. Arief Widyanto menyatakan akan terus meningkatkan prestasi yang ada. Apalagi, prajurit Yonif Para Raider 501/BY merupakan satuan yang cukup banyak ditugaskan di daerah operasi untuk menjaga kedaulatan NKRI. Mantan staf operasi Mako Kostrad ini menjelaskan, hal pertama yang akan dilaksanakan adalah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan instansi vertikal lainnya di Madiun.

"Saya juga akan menekankan kepada prajurit untuk tetap meningkatkan disiplin, loyalitas dan mentalitas selaku prajurit TNI. Kita ketahui prajurit 501 baru saja kembali dari daerah operasi, sehingga mereka butuh waktu untuk refresh beradaptasi dengan lingkungan. Tapi kami sebagai Batalyon lintas udara selaku pasukan pemukul reaksi cepat milik konstrad siap bertugas kapanpun dan di manapun negara membutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Danbrigif Para Raider 18/Trisula Kostrad, Kolonel Inf. I Gusti Bagus Putu Wijangsa berpesan agar para pejabat yang baru dapat bersinergi dengan semua stakeholder. Selain itu juga mengedepankan sikap humanis ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk Danyon yang baru, diharapkan bisa melanjutkan hal-hal positif yang dilakukan Danyon lama. Sedangkan bagi Danyon lama, ia berpesan agar meningkatkan prestasi dan mendekatkan diri dengan masyarakat.

"Pasti ada tugas-tugas yang diberikan oleh negara, tapi pesan saya tetap jalin hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder dan jalin harmonisasi dengan masyarakat. Itu yang penting. Jangan sampai mereka jadi problem, tapi source," jelasnya.

Seperti diketahui, Komandan Yonif Para Raider 501/BY yang lama Letkol. Inf. Arfa Yudha Prasetya kini dipromosikan menjadi Komandan Kodim 1503/Tual, Maluku. Sedangkan posisinya, kini digantikan Mayor Inf. Arief Widyanto yang sebelumnya menjabat staf operasi di Mako Kostrad, Jakarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar