Antisipasi Banjir, Pemkot Madiun Bersih-bersih Sungai

KBRN, Madiun: Petugas gabungan BPBD, Dinas PUPR dan Dinas Perkim melakukan normalisasi sungai, sebagai upaya mengantisipasi banjir. Ini mengingat curah hujan di wilayah Madiun akhir-akhir ini cukup tinggi. Kali ini pembersihan dilakukan di Kali Piring, Kelurahan Pilangbango.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun, Jariyanto mengatakan, dalam kegiatan itu petugas menemukan banyak sampah yang menumpuk di Kali Piring. Baik berupa sampah plastik dan sejenisnya hingga bambrongan bambu. Ia tidak ingin sampah-sampah tersebut justru menyumbat aliran air. Tidak hanya itu, kegiatan yang sama juga akan diintensifkan menyasar sungai dan saluran air lainnya.

"Kebetulan di jembatan Bok Malang itu ada pilar tengahnya, sehingga sampah nyangkut disitu. Itu yang menjadi salah satu penyebab air meluap di area Pilangbango dan sekitarnya," ujarnya.

BPBD Kota Madiun sendiri saat ini juga telah memetakan daerah rawan banjir. Yakni di sejumlah kelurahan di Kecamatan Kartoharjo. Seperti Kelurahan Tawangrejo, Pilangbango, Kelun dan Rejomulyo. Karenanya berbagai upaya dilakukan Pemkot, agar air tidak meluber ke pemukiman warga.

Selain melakukan pembersihan sungai, petugas juga mengoptimalkan early warning system (EWS) atau alat peringatan dini. Ketika debit air naik, maka akan ada tanda lampu yang menyala dan sirine berbunyi. Selain itu, petugas juga disiagakan 1x24 jam di posko Embung Pilangbango.

"Kami menghimbau masyarakat tidak membuang sampah di sungai agar tidak terjadi banjir," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar