Onthel Jelajah Budaya, Bupati: Event Ini Memberi Multiplier Effect

KBRN, Magetan: Onthel Budaya bertajuk ‘Jelajah Budaya’ menjadi salah satu agenda besar Pemerintah kabupaten Magetan yang telah dilaksanakan Minggu (16/1/2022) pagi. Ratusan pesepeda diberangkatkan dari Pendopo Distrik Maospati menuju situs Prasasti Batu Gilang Tegal Turi Mranggen, Prasasti Batu Gilang Sumberejo dan beristirahat sejenak di Sendang Ngumbul Sumberejo sembari menyaksikan atraksi pencak silat. Perjalanan dilanjutkan menuju Yoni Masjid Kuno Fatkhul Huda desa Ngujung dan Bupati Magetan Suprawoto menyempatkan ziarah ke makam pendiri masjid kuno tersebut. Perjalanan berakhir di Sendang Kamal dimana pesepeda disambut dengan Bazar UMKM dan panggung hiburan.

Usai menggowes sepedanya, Suprawoto menuturkan Onthel Budaya mampu memberi multiefek kepada masyarakat diantaranya terjadi perputaran ekonomi, transformasi pengetahuan dan kebudayaan serta aktifitas fisik.

“Ini salah satu upaya membangkitkan ekonomi masyarakat, sekaligus olahraga dan sekaligus transformasi budaya. saya masukan kepada panitia untuk diperbaiki, nanti setiap setiap tahun tidak sama terus tetapi misal setiap spot ada apa, mungkin berangkatnya dari sini nanti terakhirnya di mana, tidak hanya sekitar sini mungkin nanti finish-nya di Barat,” kata Suprawoto.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Magetan, Joko Trihono mengungkapkan terselenggarannya Jelajah Budaya merupakan kolaborasi antar dinas dan dengan stakeholder lain. Jalinan ini sesuai program Bupati yakni adanya kolabori berbagai pihak.

“Ini kerja sama Absi Maospati Mataraman bersama teman-teman kecamatan Maospati, dari DLH, dari kami (Disparbud) dan dari Dishub. Jadi kami berkolaborasi sesuai arahan pak Bupati, untuk melaksanakan program-program unggulan,” papar Joko.

Jelajah Budaya dan Bazar UMKM juga diharapkan menjadi gelaran pembuka yang dapat memantik kemeriahan 170-an giat lain yang telah disiapkan Pemkab Magetan. Sehingga agenda berikutnya dapat lebih menarik pengunjung dan menggerakkan perekonomian masyarakat Magetan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar