Forkopimda Kabupaten Madiun Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan Erupsi Semeru

KBRN, Madiun: Pemerintah Kabupaten Madiun memberangkatkan sekitar 60 personil gabungan yang terdiri unsur Pemkab Madiun, Kodim 0803/Madiun dan Polres Madiun untuk membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Sekitar 23 armada diberangkatkan dari halaman Pendopo Muda Graha dengan membawa donasi dari berbagai pihak pada Senin sore (6/12/2021). Bupati Madiun. Ahmad Dawami menuturkan, kegiatan itu merupakan wujud kepedulian masyarakat Kabupaten Madiun kepada warga terdampak bencana di Lumajang. Ia berpesan agar selama di lokasi saling bahu membahu meringankan masyarakat.

“Kita harus sama-sama saling bahu membahu, jangan menjadi beban masyarakat disana,” ujarnya seperti keterangan pers yang diterima RRI, Selasa (7/12/2021).

Adapun bantuan yang dikirim berupa sembako, alat berat, dapur umum beserta keperluannya serta ada relawan kesehatan 1 dokter, 2 perawat profesional, damkar, operator alat berat, dan lain sebagainya.

"Yang jelas saya bersama Pak Dandim dan Pak Kapolres berharap dengan kehadiran kita disana dapat meringankan beban masyarakat Lumajang, kita tidak akan membebani masyarakat disana sehingga personil yang kita kirim, kami harap dapat survive sendiri," jelasnya.

Mengenai lokasi dan donasi tersebut sesuai arahan BPBD Provinsi Jawa Timur di turunkan di Pronojiwo. Para personil ini akan membangun dapur umum hingga posko kesehatan minimal selama tiga hari.

"Apa yang kita berangkatkan ini sudah terkomunikasikan dengan yang disana, kita cari item-item yang belum ada," tambahnya.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf. Edwin Charles berpesan agar masing-masing personil menjaga faktor keamanan baik diri maupun materil. Sehingga harapnya para personil dapat menjalankan tugas dengan lancar.

“Semoga personel yang kita berangkatkan selalu diberikan keselamatan dan kelancaran mengemban misi kemanusiaan,” terangnya.

Sementara itu Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan menambahkan agar para personil mengingat bahwa dirinya membawa nama besar Kabupaten Madiun untuk itu dirinya berharap selama disana saling bersinergi.

“Sinergi ini yang penting, ini demi membantu sesama agar segera keluar dari bahaya bencana,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar