PPKM Level 3 Kemungkinan Batal, Bupati: Kita Tunggu Instruksi Pusat

KBRN, Magetan: Pemerintah pusat menunjukkan sinyal pembatalan pemberlakuan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat momen Natal dan tahun baru (nataru) menyusul pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menyatakan pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah Indonesia menjelang nataru. Hal itu disampaikannya dalam keterangan pers sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenko Marves, Selasa (7/12/2021).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Magetan Suprawoto menyatakan masih menunggu instruksi dan petunjuk dari pemerintah pusat.

“Kan belum tentu ya, kita masih menunggu pemerintah pusat. Prinsipnya kabupaten Magetan itu adalah kepanjangan tangan pemerintah pusat. Apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, kita harus ikut,” kata Suprawoto disela kegiatan peninjauan vaksinasi di PG Rejosarie, Selasa (7/12/2021).

Adapun pengawasan di titik rawan maupun perbatasan, pihaknya menegaskan akan menerapkan sesuai level PPKM yang berlaku. Namun kemungkinan besar akan ada peningkatan pengawasan dalam rangka pencegahan lonjakan kasus penularan covid-19.

“Pengawasan nanti akan sesuai level, kalau diinstruksikan level 3 ya kita terapkan level 3. Kita lihat kebijakan pemerintah lalu kita rumuskan. Karena mencegah itu lebih baik dibanding mengobati, terlalu mahal,”pungakasnya sebelum bertolak ke agenda berikutnya.

Kabupaten Magetan saat ini tengah berada pada level 1 penerapan PPKM pasca angka penularan yang menurun signifikan ditambah capaian vaksinasi baik masyarakat umum maupun lansia yang sudah melebihi target 70%. Beberapa skenario pengawasan juga telah disiapkan untuk menerapkan PPKM level 3 yang rencananya diberlakukan selama Natal dan tahun baru. Saat ini pihak Pemkab masih menunggu instruksi lanjutan mengenai diterapkan atau tidaknya PPKM level 3 tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar