Beri Tausiah Di Panti Asuhan Muhammadiah, Bupati Ajak Santri Menanam Pohon

KBRN, Magetan: Menanam menjadi Fokus Pemkab Magetan. Diberbagai kesempatan, ajakan menanam selalu digaungkan, salah satunya saat memberikan tausiah pengajian ahad pagi di panti asuhan Muhammadiyah jalan Salak Magetan, Minggu (5/12/2021).

Dalam tausiahnya Suprawoto menyampaikan bahwa musim penghujan tahun ini, menurut ramalan BMKG, curah hujan akan 70 persen lebih tinggi dari hujan tahun sebelumnya sehingga masyarakat diharapkan bersama-sama ikut menjaga kebersihan lingkungan, membuat sumur resapan dan jaga kebersihan sungai. Bupati juga mengajak pada jamaah untuk ikut gerakan menanam, seperti yang telah di lakukan selama ini melalui gerakan penghijauan dan reboisasi yang telah dilakukan disejumlah tempat. "Mari kita semua menanam sehingga Bumi Mageti ini bisa menjadi hijau. Kalau kita menanam itu yang senang bukan hanya manusia tetapi binatang-binatangpun akan suka, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda ’Tidaklah seorang Muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sedekah baginya’ berdasar hadist riwayat Imam Bukhari,”

terangnya.

Lebih lanjut Suprawoto juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh jamaah yang telah bersama-sama ikut memutus rantai penularan virus Covid-19 sehingga Magetan saat ini sudah masuk Level 1.

“Artinya masyarakat Magetan memahami bahwa covid ini salah satu pencegahannya adalah dengan cara mengambil jarak menerapkan prokes mengurangi mobilitas, vaksin sesuai dengan dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW pada masa itu ketika terjadi pandemi. Beliau bersabda ‘Apabila kalian mendengar suatu daerah terjadi pandemi jangan masuk, dan apabila kamu ada didalamnya janganlah keluar’ yang berarti jika terjadi pandemi maka langkah Pemerintah adalah mengurangi mobilitas," tegas Suprawoto.

Seusai pengajian Bupati Magetan lantas meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh panitia. Adapun yang hadir dalam acara pengajian ialah segenap santriwan santriwati / jamaah Muhammadiyah Magetan, Kepala Kemenag yang sekaligus pengisi tausiyah dan Forkopimca Magetan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar