Jurnalis Magetan 'Kulak Oleh-oleh' Untuk UMKM

KBRN, Magetan: Dalam rangkaian Media Gathering 2021, Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Magetan mengajak insan pers melakukan audiensi dengan pengurus Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Yogyakarta yang berada dalam pengelolaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) bidang layanan kewirausahaan, koperasi, usaha kecil dan menengah. Tujuannya agar para pewarta dapat menunjang geliat UMKM di Magetan agar mampu bangkit di tengah pandemi covid-19.

Bukan tanpa alasan, keberadaan media menjadi bagian penting dalam perputaran ekonomi UMKM. Hal ini ditegaskan Kasi Layanan Usaha Terpadu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Diskopukm Hana Fais saat menerima rombongan dari Magetan.

"Dalam pentahelix pengelolaan UMKM ada media yang punya peran penting terhadap kemajuan UMKM. Pemasaran dan promosi produk bisa lancar dengan dukungan media," tuturnya.

Fais menambahkan saat ini dinasnya sedang getol melakukan pembinaan start up. Disediakan fasilitas pelatihan, inkubasi bisnis, kolaborasi dengan inkubator bisnis UII untuk mengembangkan usaha baru dan kompetisi antar UMKM.

"Kami juga menyediakan jaringan pemasaran serta fasilitas galeri,"imbuhnya.

Disisi lain, seorang konsultan PLUT, Wira Sutirta mengatakan pola pikir yang telah terbentuk di masyarakat Jogja menjadi daya dukung adanya inovasi yang tiada henti. Dalam contoh yang Wira berikan, dari seekor ayam, masyarakat Jogja terbiasa memanfaatkan mulai daging hingga bulu bahkan kotorannya.

"Memang sosiokultur masyarakat Jawa, khususnya Jogja ini menurut saya unil. Ayam itu umumnya yang diolah ya hanya dagingnya, tapi kalau ditangan masyarakat Jogja, bulunya jadi sulak dan lain sebagainya," kata Wira.

Wira menambahkan, pandemi covid-19 memang sangat berdampak namun penjualan daring justru bergerak ke arah tren positif. Maka pihaknya berupaya mendorong pelaku usaha yang hanya memiliki toko offline agar sadar online. Pihaknya rutin mengadakan pelatihan menggandeng market place besar di Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar