Menuju Indonesia Bebas ODOL 2023

KBRN, Ngawi : Pemerintah melalui Dinas Perhubungan berkomitmen mewujudkan bebas Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) tahun 2023. Untuk mewujudkan hal itu, Dishub Kabupaten Ngawi bersama kepolisian konsisten melakukan penertiban kendaraan yang melebihi muatan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi Tituk Prihatining Tyas menyampaikan penertiban ODOL dilakukan juga sejak kendaraan luar daerah memasuki wilayah Kabupaten Ngawi. Untuk penertiban di jembatan Timbang menjadi wewenang Dinas Perhubungan Provinsi. Sedangkan di jalan wilayah Kabupaten Ngawi Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan kepolisian setempat.

“Untuk operasi ODOL kita melakukan operasi gabungan dengan pihak Polres kemudian sanksi yang diberikan tilang, karena himbauan atau sosialisasi sudah kita lakukan jauh-jauh hari. Target tahun 2023 adalah bebas ODOL untuk Indonesia“kata Tituk.

Tituk menyampaikan sanksi yang diberikan bagi kendaraan ODOL yakni sanksi tilang. Sedangkan sanksi di jembatan timbang antaralain mengurangi muatan, hingga kendaraan tidak diijinkan untuk melintas. Penertiban ODOL antaralain juga untuk menjaga infrastruktur jalan agar tidak mudah rusak, serta untuk mengurangi petensi laka lantas.(Mk)

Foto/ilustrasi : google/net

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar