Ratusan Guru Masuk Masa Pensiun, PGRI Magetan Jajaki Usaha Ternak Kambing

KBRN, Magetan: PGRI Kabupaten Magetan mempelajari prospek usaha ternak kambing bagi pensiunan guru. Kepala PGRI Kabupaten Magetan Sundarto mengatakan melalui unit usaha di PGRI pihaknya saat ini sedang mempertimbangkan usaha peternakan kambing bagi pensiunan guru.

“Kami lihat ini adalah potensi yang bisa dikembangkan, kita jajaki suatau saat jika bisnis ini menjanjikan apalagi ini lagi Boming. Kambing bisa diambil dagingnya, kulitnya  bahkan bisa dijadikan usaha anakan kambing,” ujar Sundarto, Rabu (1/12/2021).

Sundarto menambahkan usaha beternak kambing menurutnya sangat menjanjikan apalagi didukung dengan tekhnologi pakan vermentasi yang membuat peternak tidak susah untuk memenuhi kebutuhan pakan kambing. Diusia pensiun, para guru  dipastikan masih bisa produktif dengan memelihara kambing.

“Guru ini orang kreatif dan ini prospek. Apabila diupayakn secara massif teman-teman yang pensiun daripada bingung mau usaha apa ini bisa diupayakan,” imbuhnya.

Untuk memberikan pembekalan kepada para guru yang memasuki pensiun Sundarto mengkau ingin mempunyai balai latihan kerja bagi para guru untuk belajar berwira usaha. Salah satu alternative mudah untuk berwira usaha adalah dengan memelihara kambing.

“Ini prospektif, guru-guru di desa yang pensun masih mampu untuk memelihara kambing didukung dengan vermentasi ini sangat mudah,” katanya.

Di kabuaten Magetan saat ini setiap bulan lebih dari 25 guru menjalani masa pensiun. Diperkirakan hingga tahun 2024 mendatang mendatang ada sekitar 1.000 guru di Magetan akan memasuki masa pensiun. Dengan adanya pelatihan usaha peternakan kambing diharapkan ada alternative kegiatan perekonomian bagi guru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar