Jokowi Resmikan Bendungan Tugu Trenggalek Dan Gongseng Bojonegoro Bersamaan

KBRN, Madiun: Presiden RI Joko Widodo meresmikan dua bendungan baru di Jawa Timur yakni Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro Selasa (30/11/2021). Peresmian keduanya dilakukan bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek

"Pagi hari ini, Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dua bendungan besar lagi di Provinsi Jawa Timur. Yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek," kata Jokowi, dalam sambutannya.

Melalui siaran resmi Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan, kedua bendungan ini telah siap untuk dimanfaatkan sebagai pendukung program ketahanan pangan di Jawa Timur. Jokowi menambahkan, Bendungan Tugu dibangun dengan anggaran total Rp 1,69 triliun.

"Dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare," ujar Presiden.

Bendungan Tugu memiliki kapasitas sekitar 9,3 juta meter kubik. Tinggi genangannya mencapai 89,85 meter dan panjang 475 meter. Sebelum diresmikan, Bendungan Tugu telah lebih dulu dilakukan pengisian awal waduk alias impounding, Selasa (21/9/2021). Bendungan Tugu juga akan memenuhi penyediaan air baku sebesar 12 liter per detik.

"Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani akan semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," tambah Jokowi.

Fungsi lain dari bendungan ini, yaitu untuk menanggulangi bencana banjir tahunan di Kabupaten Trenggalek dengan pengurangan debit sebesar 76,21 meter kubik per detik. Bendungan yang mulai dibangun pada 2014 ini juga memiliki potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro sebesar 0,4 megawatt.

Sementara untuk Bendungan Gongseng yang berada di Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro dirancang untuk memiliki kapasitas 22 juta mter kubik. Dan bisa mengairi 6.200 hektare lahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar