Bimtek Peningkatan Kapasitas bagi BPD Tiron

KBRN, Madiun :  Guna memaksimalkan tugas pokok dan fungsinya, Badan Permusyawaratan Desa, BPD desa Tiron kecamatan Madiun mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD di pendapa desa setempat, Sabtu (27/11/2021).  Sesuai  Permendagri No.110/2016 BPD  mempunyai fungsi antara lain  membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.  Sedangkan tugasnya antara lain menggali, nenampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat ,  membentuk panitia pemilihan Kepala Des serta  melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Kepala Desa. Sekretaris Camat Madiun, Sunaryo meminta anggota BPD untuk bersinergi dan menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya sehingga kepala desa memiliki perimbangan dan pertimbangan ketika akan  menerapkan suatu kebijakan sesuai regulasi.  Ia juga berharap, anggota BPD bisa berperan sebagai pemain bukan penonton dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa.

“Harapan kami, BPD bener-bener berperan. Kalau njenengan BPD ya berperilaku sebagai BPD . Maksudnya panjenengan satu sisi menjadi mitra kepala desa, tapi mendel mawon, setelah kepala desa kejeglong, njenengan sorak-sorak”, kata Sunaryo.

Ia mengajak anggota BPD untuk akrab dengan pemerintah dan perangkat desa sehingga pembahasan tentang pembangunan desa bisa  dilakukan secara formal dan informal.  Terkait dengan status kabupaten Madiun yang saat ini berada pada level 2 PPKM, Surnaryo mengajak semua warga mematuhi protokol kesehatan. Hal itu penting  terlebih pada 20 Desember nanti, desa Tiron akan melakukan pilkades untuk memilih kepala desa yang baru  mengingat kepala desa yang lama meninggal karena covid-19. (Haryo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar