Agar Tidak Menimpa Pemukiman, Batu Berukuran 4 Meter Diruntuhkan

KBRN, Magetan: BPBD Magetan melongsorkan batu besar berukuran 4 meter persegi di atas bukit Kampung Wonomulyo Desa Genilangit Kabupaten Magetan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mitigasi pencegahan bencana. Kepala BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan kondisi batu besar yang berada diatas bukit tersebut sangat membahayakan dan berpotensi longsor. Jika longsor, batu tersebut akan menimpa warga mengingat  dibawah bukit merupakan pemukiman warga. Ditambah lagi, saat ini hujan sering mengguyur Kampung Wonomulyo.

Ari Budi Santosa menambahkan, pelongsoran batu besar diatas bukit Kampung Wonomulyo setinggi lebih dari 20 meter tersebut atas permintaan warga yang khawatir terjadi longsor susulan. Sebelumnya hujan deras di Kampung Wonomulyo membuat rumah Gito terkena longsoran bukit yang membuat atap rumah mengalami kerusakan.

Upaya pelongsoran batu besar diatas bukit dilakukan setelah salah satu warga mengikhlaskan rumahnya terkena longsoran jika upaya pelongsoran batu besar yang dilakukan beresiko menimpa rumahnya. Pelongsoran yang berlangsung dramatis tersebut diiringi sorak sorai dan syukur masyarakat sekitar karena batu berhasil dibelokkan kea rah jalan raya.

 “Batu itu sangat berbahaya, artinya diturunkan sekalian dengan kondisi sangat berbahaya. Kemarin kita sampaikan kepada pemilik rumah kalau kena rumah bagaimana, sudah direlakan, Akhirnya kita laksankan tetapi dengan upaya tidak sampai kena rumah. Kita serogkan itu ke jalan akhirnya tidak kena rumah juga,” ujarnya.

Pelongsoran batu besar di atas bukit Kampung Wonomulyo dilakukan dengan menyemprot dasar batu dengan menggunakan air. BPBD Kabupaten Magetan mengerahkan  2 unit mobil pemadam kebakaran untuk melakukan pelongsoran batu besar tersebut. Upaya pelongsoran batu besar di Kampung Wonomulyo untuk meminimalisir bencona longsor, karena kampong wonomulyo yang dikelililingi bukit terjal berpotensi terjadi longsor saat musim hujan seperti saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar