Wonomulyo Longsor, 1 Rumah Rusak dan Jalan Sempat Tertutup

KBRN, Magetan: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Magetan sejak pukul 12:30 WIB Rabu (24/11/2021) mengakibatkan longsor di sejumlah titik di Kampung Wonomulyo Desa Genilangit Kecamatan Poncol. Ketua Desa tangguh bencana destana Desa Geni Langit Yeni Santosa mengatakan, salah satu titik longsor mengenai rumah Gito warga Kampung Wonomulyo. Longsoran juga membuat sejumlah titik jalan menuju Kampung Wonomulyo tertutup.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersbeut namun kerusakan pada rumah Gito diperkirakan mancapai 20 juta rupiah.

“Longsornya mengenai 3 atap milik Pak Gito. Sejumlah barang di rumah mengalami kerusakan. Kerugian diperkirakan ada 20 jutaan,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Yeni menambahkan, warga Kampung Wonomulyo akan melaksankan kerja bakti umtuk membersihkan rumah Gito dari material longsoran Kamis pagi karena hingga Rabu sore hujan masih mengguyur Kampung Wonomulyo.

“Kita utamakan pembersihan jalan untuk akses masuk kampung. Untuk rumah yang terkena longsor rencananya  besok kita bersihkan karena sampai sore hujan masih mengguyur. Kita menghindari longsor susulan,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, untuk mengantisipasi  bencana longsor dan banjir BPBD Kabupaten Magetan telah membuka posko siaga bencana di Kecamatan Poncol. BPBD Kabupaten Magetan juga memastikan kondisi EWS Early Warning System yang dipasang di  9 titik rawan bencana longsor dan banjir  dalam kondisi baik untuk mengantisipasi dini bencan longsor dan banjir.

Ari juga menghimbau kepada warga Magetan untuk waspada terhadap bencana longsor karena prakiraan cuaca dari BMKG memperkirakan hujan deras disertai angin kencang akan terjadi hingga awal tahun 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar