2.000 Pohon Tabebuya Tahun Depan Ditanam di Kota Madiun

KBRN, Madiun: Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun tahun depan melakukan pengadaan 2.000 pohon Tabebuya. Pengadaannya menggunakan sistem lelang dengan anggaran sekitar Rp750 juta. Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka, PJU dan Pemakaman Disperkim, Jemakir mengatakan, ribuan pohon Tabebuya itu akan ditanam menyebar di beberapa titik.

Utamanya pintu masuk Kota Madiun. Diantaranya di Jalan Kartini sisi selatan untuk melengkapi pedestrian baru. Kemudian Jalan Diponegoro, Basuki Rahmat maupun Jalan Urip Sumoharjo. Tujuannya tak lain adalah untuk mempercantik wajah kota.

Apalagi bunga yang ditanam nantinya beraneka warna. Mulai kuning, ungu, putih, serta pink (merah muda). Penanaman ribuan pohon tabebuya itu sekaligus ingin mewujudkan Kota Madiun sejuta bunga.

“Tabebuya itu yang jelas bunganya kan indah, warna warni. Sistem kanopinya tidak seperti tanaman lain. Tidak susah pengelolaannya. Pun masih kecil sudah bisa berbunga. Jadi perawatannya lebih mudah lah,” ujarnya, Jum’at (26/11/2021).

Dirinya menjelaskan, kemungkinan Pohon Tabebuya itu mulai ditanam pada Februari tahun depan. Disamping itu, Disperkim secara bertahap juga telah melakukan pembibitan pohon tabebuya. Lokasinya berada di kawasan Pace Keras, Kelurahan Pandean, Kota Madiun.

Pembibitan diambilkan dari buah Tabebuya kemudian disemaikan. Saat ini totalnya sekitar 600-an bibit. Kemungkinan tiga sampai lima tahun kedepan sudah tumbuh besar sehingga bisa dialihkan dan ditanam di sejumlah titik wilayah kota.

“Jadi nanti nggak perlu beli. Kalau untuk memenuhi yang sekarang ya kita kan harus beli. Pembibitan itu terus kita lakukan. Pokoknya bunga yang belum ada di Kota Madiun, saya akan beli,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar