Patung Singa Ponorogo Rusak, Dinas LH : Tidak Parah, Kami Langsung Perbaiki

KBRN, Ponorogo : Kebaradaan patung Singa di pojok Aloon-aloon Ponorogo yang sempat dilaporkan warga masyarakat karena kondisinya retak dan ada bagian yang patah langsung mendapat respon dari Pemkab Ponorogo dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo Sapto Jatmiko membenarkan adanya kerusakan tersebut dan telah menerjunkan tim untuk mengeceknya.

Namun menurut Sapto hal itu adalah sesuatu yang wajar mengingat usia patung-patung di Ponorogo sudah hampir 30 tahun sejak era kepemimpinan Bupati Markoem Singodimejo yang dibangun pada tahun 90-an.

“Jadi patung itu sudah puluhan tahun sejak zaman pak Markum, hampir 30 tahun. Kita perlu masukan-masukan dari masyarakat kalau ada yang membahayakan dari patung itu. Memang sebenarnya tiap tahun ada perawatannya,” kata Sapto, Jumat (22/10/2021).

Sapto menyatakan pihak Dinas Lingkungan Hidup sudah langsung melakukan pengecekan dan melakukan perbaikan. Ketika ditanya apakah ada potensi kerusakan patung di sejumlah titik lainnya Sapto memastikan mayoritas masih dalam keadaan baik dan hanya di bagian pojok Aloon-aloon saja yang mengalami kerusakan.

“Patung yang ada di pojokan Aloon-aloon sudah kita survei dan kita perbaiki. Memang perlu ada pembenahan, kondisinya sedikit mengalami kerusakan. Tapi  tidak terlau parah Insya Allah beberapa hari selesai,” sambungnya.

Sapto membantah jika selama ini Pemkab tidak melakukan perawatan, karena  setiap tahun telah rutin dilakukan perawatan dan perbaikan. Pihaknya memastikan secara umum kendisi patung-patung penghias kota Reyog di beberapa titik itu bdalam keadaan baik dan telah dilakukan pengecekan kondisinya secara menyeluruh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00