130 Tenaga Projasih Kota Madiun Dapat Pelatihan K-3

KBRN, Madiun: Sebanyak 130 tenaga program jalan bersih (projasih) di Kota Madiun mendapat pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3). Kegiatan dipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo, Kamis (21/10/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Agus Siswanta mengatakan,  dinasnya telah membekali tenaga projasih dengan peralatan safety. Seperti seragam, sepatu serta peralatan kebersihan. Mulai sapu lidi, bak sampah, senso dan lainnya. Ini mengingat tugas yang mereka kerjakan setiap harinya cukup berat. Membersihkan seluruh akses jalan di seluruh wilayah Kota Madiun.

“Pelatihan ini kami berikan biar mereka bekerja itu nyaman dan aman di jalan raya,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Madiun, Maidi menyatakan, pelatihan K-3 wajib dilaksanakan, utamanya bagi tenaga projasih sebagai penyangga kebersihan di wilayahnya.  Karenanya peralatan penunjang keselamatan dan kesehatan kerja kini telah dicukupi pemkot. Termasuk memberikan tiga stel seragam bagi tenaga projasih.

“Casingnya kota itu kan salah satunya kebersihan. Dalam pekerjaan itu dia (tenaga projasih.red) harus aman, nyaman tetapi sesuai tugasnya harus bersih. Kalau kota itu mrmbangun infrastrukturnya bagus, SDMnya juga harus kita bangun. Jangan sampai kota ini kotor. Makanya semua lini ini kita lakukan pembinaan-pembinaan,” ujarnya.

Maidi mengklaim, standar K-3 di DLH sudah cukup bagus. Karenanya ia menitip pesan agar tenaga projasih melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Pun sampah menjadi skala prioritas pemkot selain bencana lain, salah satunya banjir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00