Supeltas Terima Pelatihan Peningkatan Skill

KBRN, Trenggalek : Sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas) yang sebagian besar merupakan tuna rungu wicara di Kota Tempe Kripik mendapat pelatihan dari Satlantas Polres Trenggalek, di ruang Satpas Sim Mapolres Trenggalek, Rabu (20/10/2021).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra mengatakan, keberadaan Supeltas di Kabupaten Trenggalek relatif cukup banyak dan sangat mudah dijumpai di berbagai simpang jalan maupun titik-titik jalur padat aktivitas.

“Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan skill khususnya dalam pengaturan lalu lintas,” ujarnya.

Sementara itu, Kanikamsel Satlantas Aipda Ali Wibowo menerangkan, dalam kegiatan tersebut materi disampaikan dalam dua sesi. Yakni materi teori yang dilaksanakan di ruang Satpas dan praktik pengaturan di halaman Satpas.

“Mengingat mayoritas adalah tuna rungu wicara, kita hadirkan juga penerjemah bahasa isyarat,” jelasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan di jalan raya, Supeltas harus tetap menjaga keamanan dan keselamatan perseorangan, disamping membantu keamanan dan kelancaran lalulintas.

Menurutnya, dengan keterbatasan karena menyandang sebagai tuna rungu wicara, petugas harus melakukan pendekatan dan pendampingan secara khusus.

Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan pemberian bantuan berupa sembako kepada masing-masing Supeltas, sebagai wujud apresiasi atas dukungan dalam menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif di Kabupaten Trenggalek.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00