Ditelisik Kejaksaan, Dirut PDAM Minta Karyawannya Kooperatif

KBRN, Madiun: Mencuatnya kasus dugaan korupsi di perusahaan umum daerah air minum (PDAM) Tirta Taman Sari Kota Madiun mengundang perhatian publik. Pasalnya citra badan usaha milik daerah (BUMD) berplat merah milik Pemkot Madiun itu selama ini dinilai baik. 

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PDAM Tirta Taman Sari, Suyoto telah meminta seluruh anak buahnya kooperatif mengikuti prosedur yang ada. 

"Saya tidak ikut dipanggil, intinya kami mengikuti prosedur yang ada,’’ kata Suyoto dikonfirmasi Rabu (20/10/2021).

Suyoto mengaku telah menerima surat permintaan keterangan dari kejari setempat terhadap pihak internal BUMD yang dipimpinnya. Surat itu telah diteruskan kepada nama-nama terkait. Pun dia tegas berpesan kepada mereka agar tidak mempersulit pemeriksaan. Hadir memenuhi panggilan dan memberikan keterangan apa adanya.

"Teman-teman sudah saya minta mengikuti proses sebaik-baiknya dari kejaksaan. Jangan mempersulit pemeriksaan, memberikan keterangan apa adanya, jujur jangan ada yang ditutup-tutupi,’’ tegasnya.

Terkait kasus dugaan korupsi di perusahaan yang dipimpinnya, Suyoto menyerahkan sepenuhnya kepada kejari setempat. Pihaknya juga turut kooperatif mengikuti prosedur yang ada. Mulai menghadirkan beberapa pihak untuk memberikan keterangan hingga permintaan pengumpulan data yang diperlukan dalam proses tersebut. 

"Pada pada intinya kami ikuti prosedur, kooperatif, jujur dan mengikuti apapun prosesnya,’’ imbuhnya.

Pada sisi lain, Suyoto menjamin adanya kasus dugaan korupsi yang tengah diusut kejari setempat itu tidak memengaruhi pelayanan terhadap masyarakat. Seluruh karyawan diminta fokus pada kemajuan perusahaan. Buktinya, hingga hari ini setiap ada maintenance diselesaikan hari itu juga.

"Pantang pulang sebelum air mengalir, kami berusaha penyelidikan oleh kejaksaan tidak mempengaruhi pelayanan, tetap harus fokus,’’ ujarnya.

Selain itu, proses tersebut juga tak memengaruhi pencapaian target PDAM di bawah komandonya. Dia meminta seluruh karyawan tetap mengejar peningkatan cakupan pelayanan. Seperti diketahui, kejari telah melakukan puldata dan mendapatkan keterangan dari pihak-pihak internal PDAM Tirta Taman Sari. Dari proses sementara, penyidik menemukan adanya indikasi praktik culas rasuah. Saat ini penyidik bekerja ekstra mengumpulkan fakta-fakta pendukung sekaligus mengungkap dalang dan kerugian negara yang ditimbulkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00