Kota Madiun Segera Bangun Tugu 0 Kilometer, Ini Lokasinya

KBRN, Madiun: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun dalam waktu dekat akan membuat Tugu 0 (nol) kilometer di kawasan perempatan Tugu. Kemungkinan letaknya persis berada di sebelah utara Tugu Traffict Light jumbo.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun, Thariq Megah mengatakan ada dua model desain yang diajukan ke walikota. Model pertama seperti menara disertai lampu-lampu setinggi tiga meter dengan diameter bawah sekitar 1,5 meter. Desain kedua, seperti batu terdapat keris setinggi dua meter.

“Pokoknya semakin ke atas semakin mengerucut (lancip), gambarannya seperti itu,” ujarnya, Selasa (21/9/2021).

Hanya saja saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan dari kepala daerah terkait desain-desain yang ada. Tugu sebagai penanda titik 0 kilometer Kota Madiun itu dipasang setelah pemasangan lantai granit di kawasan tersebut tuntas. Saat ini pekerjaan di lapangan masih tahapan pengerjaan pondasi dan dasarannya terlebih dahulu. 

“Nanti pokoknya ada lingkaran kecil juga disitu, itu untuk penanda tugu 0 kilometer. Pembangunannya dilakukan setelah pekerjaan pemasangan granit selesai,” tambahnya.

Pada sisi lain, DPUPR terus berupaya mempercepat penataan perempatan Tugu. Saat ini, progres pekerjaan di lapangan menyentuh angka 85,15 persen dari target 67,58 persen atau mengalami surplus 17,56 persen. Menurut Thariq, pekerjaan lantai di bagian tengah atau tepat di bawah Tugu telah selesai dipasang granit.

Saat ini tinggal pengecoran di ujung utara sebelah timur dan sisi selatan sebelah barat (depan pos polisi Tugu). Setelah dilakukan pengecoran akan dipasang granit yang memiliki bobot sekitar 7-8 persen. Setelah itu dilakukan perbaikan trotoar yang sedikit diperlebar. Sesuai kontrak, proyek senilai Rp1,5 Milyar tersebut tuntas awal Desember, namun pihaknya berupaya menyelesaikannya di pertengahan November. Ini dilakukan agar kemanfaatannya bisa segera dirasakan masyarakat.

“Kita upayakan pertengahan November bisa selesai,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00