Pembangunan Pendestrian A Yani Nganjuk Selesai Akhir Tahun

KBRN,Nganjuk : Kawasan Jalan A Yani kembali disentuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Pemkab berupaya menyulap kawasan tersebut menjadi area pedestrian. Pembangunan dimulai hari ini dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, langkah pertama adalah merapikan sepanjang Jalan A Yani (sisi timur) yang semrawut. Mulai saluran air, kabel-kabel, pepohonan, bangunan dan tanaman-tanaman.

“Kawasan akan ditata, sebagian kabel akan dipindah ke bawah tanah,” ujarnya, Sabtu (18/9/2021).

Marhaen menjelaskan, penataan itu untuk menjadikan area Jalan A Yani menjadi kawasan ekonomi di Nganjuk.

“Saya yakin dengan (area pedestrian) A Yani yang kita bangun akan tumbuh jalan-jalan pendukung untuk usaha,” Ungkapnya.

Pembangunan pedestrian A Yani Nganjuk ini menelan dana cukup besar, hampir Rp 22 miliar. Sumber pendanaannya berasal dari dana insentif daerah (DID).

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Nganjuk, Agus Frihannedy mengungkapkan, pembangunan area pedestrian A Yani akan dibarengi dengan penataan segala aspek.

Terutama kabel fiber optik yang masih memakai sistem kabel udara dengan tumpuan tiang di Pedestrian A Yani akan dipindah ke saluran bawah tanah.

“Untuk kabel crossing itu memang kita tanam di bawah. Lalu untuk listrik (kabel PLN) itu tetap, hanya itu nanti dirapikan,” jelas Agus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00