PMI Buka Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

KBRN, Ngawi : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi membuka donor darah dan donor plasma Konvalesen. Donor dapat dilakukan di Kantor UDD PMI Kabupaten Ngawi jalan Dr. Wahidin 16 Ngawi.

Sekretaris PMI Kabupaten Ngawi Mulyadi menyampaikan dalam rangka HUT ke 76, PMI Kabupaten Ngawi mengadakan sejumlah kegiatan diantaranya pelatihan petugas UDD, santunan, donor, serta talkshow di radio setempat. Selain donor darah, PMI juga membuka donor Plasma Konvalesen (PK). Plasma Konvalesen menjadi salah satu cara pengobatan bagi pasien suspek Covid-19. Sehingga Donor Plasma Konvalesen (PK) memerlukan penanganan khusus karena pendonor pernah sebagai penyintas Covid. PMI Kabupaten Ngawi menargetkan mendapat 50 kantong donor darah, dan 10 kantong donor plasma konvalesen.

“Satu orang yang donor PK, memakan waktu kurang lebih 45 menit sampai satu jam. Plasma Konvalesen adalah untuk teman-teman penyintas Covid, jadi yang sudah sembuh dari Covid. Hampir sama dengan cuci darah, dengan cara darah keluar kemudian masuk mesin, diambil yang diperlukan saja, kemudian kembali lagi ke tubuh“kata Mulyadi kepada RRI(17/9)

Beberapa paket yang diberikan untuk santunan antaralain beras, mie instan, masker, dan sabun untuk Prilaku Hidup Bersih dan Sehat-(PHBS). Selain itu, PMI Kabupaten Ngawi juga akan melakukan launcing Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kabupaten Ngawi.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00