PPKM Level 3, THM Kota Madiun Belum Diizinkan Beroperasi

KBRN, Madiun : Tempat hiburan malam (THM) di Kota Madiun belum diizinkan beroperasi meski penanganan Covid-19 kota turun ke level 3. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Instruksi Wali (Inwal) Kota Madiun Nomor 25/2021 tentang PPKM level 3.

Humas Paguyuban Tempat Hiburan Malam (Patahima) Kota Madiun Brama Sandi mengaku bersabar menantikan keputusan pemerintah pusat. Menurutnya seluruh daerah masih belum memberikan lampu hijau bagi THM. Pun rambu-rambu pemerintah pusat menjadi acuan bagi seluruh daerah.

''Kami nunggu arahan dari pusat karena daerah lain juga belum buk. Kita ikuti saja lah walaupun memang kita sudah setahun lebih tutup,” kata Brama, Kamis (16/9/2021).

Brama memperkirakan semakin turun level penanganan di kota Madiun semakin dilonggarkan pula pembatasan kegiatan masyarakat. Dia berharap Kota Madiun segera kembali turun level sehingga tidak menutup kemungkinan THM diizinkan kembali buka.

''Di group sudah ada yang resah tapi gimana lagi ini aturan pusat. Pemda pun tidak bisa memutuskan sendiri tanpa ada kebijakan dari pusat,'' ujarnya.

Sembari itu pihaknya mendorong vaksinasi bagi pemandu lagu disegerakan. Pun jika pemerintah memfasilitasi, patahima siap mengkoordinir 14 THM yang tergabung di dalamnya. Ia menyebut hampir seluruh karyawan THM yang teegabung di patahima telah tersentuh vaksinasi. Pun pihaknya siap jika sewaktu-waktu pemerintah mengizinkan THM beroperasi. Baik itu sarana-prasarana maupun mekanisme sesuai protokol kesehatan (prokes).

''Harapan kami THM segera buka,'' pungkasnya.

Sementara itu Walikota Madiun, Maidi mengungkapkan, kebijakan menutup sementara operasional THM di masa PPKM ini menindaklanjuti arahan pemerintah pusat. Karenanya ia mengajak masyarakat untuk disiplin prokes agar PPKM Kota Madiun turun level dari 3 ke 2 atau 1.

“Kalau aturannya tidak boleh buka ya jangan buka dulu. Makanya kalau kita sudah level 3 tapi ada tempat-tempat yang belum buka, ayo kita disiplin prokes biar bisa ke level 2 atau 1,” terangnya.

Lain halnya dengan sektor yang lain. Pada PPKM level 3 ini mall atau pisat perbelanjaan diizinkan buka dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Pun juga diwajibkan menggunakan aplikasi pedulilindungi atau membawa surat vaksinasi covid-19 minimal dosis pertama yang ditunjukkan kepada petugas mall. Namun demikian jam operasional masih dibatasi hingga pukul 21.00 WIB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00