Jelang PTM, Ribuan Siswa SD Disuntik Vaksin

KBRN, Madiun : Cakupan vaksinasi pelajar di Kota Madiun diperluas. Kali ini menyasar 1.108 siswa kelas 6 SD Negeri dan Swasta berusia 12 tahun, berlangsung di SDN 02 Mojorejo, Kamis (16/9/2021). Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun, Lismawati mengatakan, vaksinasi tersebut ditargetkan tuntas dalam waktu sehari.

Bahkan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi tersebut, pihaknya melibatkan enam puskesmas kerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) setempat. 

"Targetnya hari ini tuntas. Karena anak-anak ini kan juga rentan. Vaksinasi ini juga sekaligus untuk mendeteksi sehingga untuk proteksi sebelum PTM anak-anak ini benar-benar sehat. Karena covid-19 ini tidak mengenal usia," ujarnya disela-sela peninjauan vaksinasi.

Vaksinasi tersebut lanjutnya, dilakukan sebagai salah satu syarat bagi siswa sebelum memulai pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Ia menjadwalkan PTM terbatas berlangsung mulai Senin (27/9). Pun tidak seluruhnya siswa masuk sekolah. Melainkan bertahap. Kali pertama untuk siswa kelas 4,5,6 SD.

"Kita lakukan bertahap. Pertama ya untuk siswa kelas 4,5 dan 6. Seminggu dua kali pertemuan. Setelah itu kita evaluasi. Jika lancar atau tidak ada yang terpapar, kita lanjutkan untuk PTM bagi siswa kelas 1,2,3," tambahnya.

Ia menjelaskan, ketika PTM nanti, kapasitas siswa yang masuk pun juga dibatasi. Yakni 50 persen dari kapasitas kelas. Atau sebanyak 14 siswa per kelas. Selain itu durasi belajar siswa di sekolah hanya dua jam. Pun sebelum PTM 27 September nanti, dindik mengupayakan siswa, guru dan tenaga kependidikan di Kota Pendekar terlebih dulu dilakukan rapid tes antigen untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona.

Kebijakan yang sama juga diberlakukan bagi pelajar jenjang SMP. Dindik menjadwalkan PTM terbatas siswa SMP berlangsung pada Senin pekan depan (20/9/2021). Adapun yang diizinkan melaksanakan PTM terbatas hanya enam sekolah. Yakni SMPN 1,2, 3, 4, 5, 6, 7 dan 13.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinkes, untuk siswa SMP ini dirapid tes antigen di sekolahnya masing-masing pada 20 September sebelum PTM berlangsung," jelasnya.

Adapun berdasarkan data yang ada, capaian vaksinasi covid-19 dosis pertama bagi siswa SMP Negeri sudah lebih 50 persen. Artinya dari total 9.538 siswa SMP, 5.650 siswa diantaranya sudah divaksin covid-19. Ia menargetkan pekan depan, capaian vaksinasi pelajar bisa menembus 100 persen.

"Terakhir insya Allah tanggal 23 September. Target kita seluruh pelajar SMP negeri sudah tervaksin," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00