Polres Madiun Kota Libatkan Bhabinkamtibmas Jadi Tracer Digital

KBRN, Madiun : Polres Madiun Kota melibatkan Bhabinkamtibmas sebagai Tracer bertugas melakukan tracing atau pelacakan Covid-19. Mereka dilibatkan untuk mendukung program pemerintah melakukan pelacakan terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, para tracer dari kepolisian bekerja sama dengan Babinsa, lurah maupun tenaga kesehatan di masing-masing wilayahnya. Kapolres menyatakan, kepolisian setiap harinya menerima data dari Kemenkes masyarakat yang terkonfirmasi. Kemudian baru dilakukan pelacakan terhadap yang kontak erat.

Jika sebelumnya tracing dilakukan dengan terjun ke lapangan, kali ini menggunakan alat komunikasi digital yang saat ini sedang digalakkan. Artinya, tracing kepada warga kontak erat ditelusuri melalui telepon/WA. Tujuannya untuk mengurangi kontak langsung serta meminimalisasi penyebaran covid-19.

"Sudah menjadi keharusan sekarang membatasi kontak dengan warga yang terkonfirmasi positif bisa melalui digital. Makanya kita namai Tracer Digital," ungkapnya usai apel pemberangkatan Tracer Digital, Senin (2/8/2021).

Lebih lanjut ia menegaskan, ketika sudah dilakukan tracing, selanjutnya data yang diperoleh di lapangan diinput ke aplikasi 'Silacak'. Disamping itu, para Bhabinkamtibmas juga diminta mendownload INA risk. Di sana bisa di lihat, kegiatan dan wilayah yang dijangkau.

"Semakin rajin mengisi semakin bisa memetakan situasi tersebut" terangnya.

Seperti diketahui, pelacakan melalui aplikasi digital dimaksudkan untuk mencapai jumlah standar tracing yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia atau WHO. Konsep digital ini diharapkan dapat membantu pemerintah memetakan langkah strategis apa yang akan diambil terkait penanganan pandemi di setiap wilayah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00