Tek Tur, Ronda Terjadwal Keliling Lingkungan

KBRN, Magetan : Warga lingkungan RT. 02 / RW. 02 Kelurahan Bulukerto Kecamatan Kota Magetan secara bergilir keliling lingkungan memainkan musik tradisional dengan kentongan atau biasa disebut Tek Tur.

Bermodal alat musik bambu, sejumlah warga menggelar ronda terjadwal. Selain dapat menjaga ketertiban masyarakat di tengah PPKM, ronda ini juga dapat meningkatkan kebahagiaan serta imunitas mereka.

Selain itu juga dapat mengurangi ketakutan warga dengan isu lampor atau keranda terbang yang menghantui seantero Jawa. Diadakannya ronda ini juga sebagai upaya untuk memantau warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri (isoman) agar terkontrol kondisinya.

Ketua RT Nur Salam mengatakan, warga yang ronda sengaja membawa alat musik tradisional dari bambu ini agar selalu terjaga dari kantuk. Warga yang jalani isoman pun merasa aman dengan adanya warga yang ronda.

“Iya, dalam rangka PPKM lavel 4 ini kami bergantian berjaga setiap malam. Selain itu warga yang isoman dapat selalu terpantau kondisinya. Warga yang takut adanya isu lampor atau keranda terbang belakangan tidak takut lagi," ungkapnya, Minggu (25/7/2021).

Lanjutnya, tek tur dipercaya usir pagebluk, berjaga sambil memaikan musik tek tur, dapat meningkatkan imunitas, memainkan sambil besalawat dan menyanyikan lagu tradisional.

Dijelaskan, dahulu, jika ada pagebluk, masyarakat akan mebuat bunyi-bunyian seperti kentongan ataupun pukul lesung. Agar pagebluk itu segera berlalu dan sirna. Begitu juga dengan saat ini, semoga COVID-19 segera musnah dari Magetan, Indonesia dan dunia.

Semoga semua cepat berlalu dan kehidupan dapat normal kembali, tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00