Pilih Hewan Kurban, Pastikan Baik dan Benar

KBRN, Ngawi : Meski pengawasan telah dilakukan, pemilihan hewan kurban menjadi wewenang masing-masing orang. Namun demikian, diharapkan masyarakt dalam memilih hewan korban yakni hewan yang sehat serta memenuhi syariat.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi drh. Triwahyu Yulistiani menjelaskan petugas selain melakukan pengawasan terhadap hewan korban, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun takmir dalam memilih dan memilah hewan korban yang baik dan benar. Hewan yang baik yakni hewan yang tidak memiliki cacat fisik, sehat, serta memenuhi syarat hewan untuk korban.

“Yang baik itu kan otomatis sehat, tidak ada kelainan di fisiknya, kemudian di ujilab negatif cacing, kemudian yang benar itu otomatis sesuai syariat Islam yaitu sudah poel, tidak pincang“kata Yulistiani.

Yulistiani menambahkan pengawasan hewan ternak kurban dilakukan secara door to door. Selain itu, ketika ada jawal pasaran di pasar Hewan, dinas terkait juga menyediakan petugas pemeriksa hewan yang siaga di kawasan pasar. Hal ini agar memudahkan masyarakat bila sewaktu-waktu membutuhkan pemeriksaan hewan, termasuk kketika akan melakukan transaksi jual beli.(mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00