Mobil PCR Butuh Daya Listrik Besar Untuk Mobile

KBRN, Magetan : Banyak ketentuan dalam menggoperasikan mobil PCR.

Kepala UPTD Labkesda Magetan Suwito menyebut, mobil polymerase chain reaction (PCR) tak bisa asal keluar untuk mobile running pemeriksaan swab. Hal itu karena banyak piranti yang harus dilengkapi sebelum menggunakan mobil.

“Mobil PCR milik Pemkab membutuhkan daya listrik yang besar untuk mobile, dan harus ada daya yang stabil untuk penggunaannya,” ungkapnya, Jumat (18/6/2021).

Lanjutnya, beberapa pertimbangan sebelum mengeluarkan mobil PCR. Yakni pasien harus disiapkan terlebih dulu sehingga harus menunggu lama. Belum lagi pertimbangan daya listrik. Kemampuan genset yang digunakan juga didesain agar listriknya bisa stabil.

Menurutnya, saat ini belum ada kasus luar biasa Covid-19 di Magetan yang mengharuskan mobil PCR untuk mobile melakukan running pemeriksaan swab di lapangan. Saat ini tracing yang dilakukan puskesmas sudah cukup untuk mengcover sehingga tak perlu mobil PCR ini keluar.

Pemkab memberi keluasaan untuk mengoperasikan mobil PCR keluar, tetapi pihak Dinkes tidak ingin gegabah mengeluarkan karena harus ada pertimbangannya, jelasnya.

Ia menambahkan, mobil PCR berada di Labkesda Magetan, hanya keluar dua kali yakni di Selosari dan Cemoro Sewu. Hingga kini belum ada jadwal lagi akan disiagakan di tempat lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00