Antisipasi Kerumunan dan Pelanggaran Petugas, Polri Launching Aplikasi SIM Nasional Presis

KBRN, Ponorogo : Inovasi pelayanan teruas dilakukan di tengah Pandemi yang belum berakhir, diantaranya pelayanan SIM yang coba di tawarkan oleh Kepolisian.

Hal itu ditandai dengan Launching Inovasi SIM Nasional Presis (Sinar) Secara Virtual yang juga turut diikuti oleh Jajaran di Polres Ponorogo, Selasa (13/4/2021) kemarin.

Dengan rangkaian giat Pukul 15.15 WIB yang dimulai dengan penjelasan singkat proses aplikasi SIM Nasional Presis oleh Korlantas Polri.

Kapolres Ponorogo AKBP. Muhammad Nur Aziz mengungkapkan Inovasi SIM Nasional Presis (Sinar) diluncurkan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan pembuatan aplikasi SIM Nasional Presis ini akan sangat memudahkan bagi masyarakat yang akan mengurus SIM baru maupun perpanjangan juga perpanjangan STNK dan BPKB, dimasa pandemi Covid 19.” terang AKBP Azis.

Menurut Kapolres sistem ini selain lebih cepat prosesnya juga akan bisa di antar sampai kerumah melalui PT Pos Indonesia dengan syarat data dan dokumen pemohon dan lolos tes kesehatan serta psikologis secara online kemudian di kirim lewat aplikasi SIM Nasional Presis (Sinar).

“Proses awal aplikasi SIM Nasional Presis ini juga mengirimkan No HP, Emai, KK, serta Regrestasi hasil pemeriksaan kesehatan/Psikologi (harus memenuhi syarat), tes tertulis secara online. Setelah semua terkirim dan terdaftar maka tinggal pemohon memilih lokasi kantor pelayanan SIM yg di kehendaki dan nantinya bila semua lulus SIM akan dikirim melalui Pos Indonesia,” imbuhnya.

Setelah semua memenuhi syarat dan lolos Kesehatan/psikologis untuk pembayaran dapat dilakukan dengan sistem transfer ke Bank.

Sementara itu dalam Sambutannya secara virtual Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menyatakan kegiatan Digitalisasi merupakan perwujudan Polri dalam aspek pelayanan salah satunya pembuatan SIM melalui aplikasi SIM Nasional Presis.

“Polri akan terus mengikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, maka kita harus memanfaatkan teknologi tersebut dengan meluncurkan program pelayanan aplikasi SIM Nasional Presis,” tutur Kapolri.

Dengan aplikasi SIM Nasional Presis (Sinar) ini juga dapat untuk menghindari interaksi langsung antara petugas dan pemohon di masa pandemi Covid 19. Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat akan lebih mudah dalam pembuatan SIM dan menghindari pelanggaran yang dilakukan oleh petugas.

“Digitalisasi pelayanan Polri bertujuan selain mempermudah dan mempercepat pembuatan SIM bisa dari rumah maupun di mana saja, selain itu juga untuk menghindari interaksi petugas dengan masyarakat langsung yang menimbulkan pelanggaran petugas,” paparnya lebih detail.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, Dandim 0802/Ponorogo yang diwakili Pelda Didik H., Kepala Panitera Pengadilan Negeri Ponorogo Imam Sukardi, Kasi BB Kejaksaan Negeri Ponorogo Budi Prakoso, Opsdal Dishub Kab. Ponorogo Bpk. Kristanta., Perwakilan PT. Pos Indonesia., serta PJU Polres Ponorogo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00