Kirab Pusaka Kabupaten Ngawi Sebagai Ungkapan Syukur

KBRN, Ngawi : Antusiasme masyarakat menyaksikan iring-iringan kirab Pusaka Kabupaten Ngawi mewarnai sepanjang jalan dari Ngawi Purba menuju Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. Kedatangan pembawa Pusaka disambut meriah di Jalan Yos Sudarso menuju Alun-Alun Kabupaten Ngawi hingga Pendopo Wedya Graha setempat. Pembawa pusaka beserta rombongan berjalan kaki dari jalan Yos Sudarso hingga Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi secara khidmat.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menyampaikan setelah pusaka Kabupaten Ngawi dijamas kemudian diboyog untuk disemayamkan di Pendopo Kantor Desa Ngawi Purba. Hal ini sebagai simbolisasi karena dahulu Ngawi Purba sebagai pusat pemerintahan. Sedangkan Kirab, sebagai simbolisasi bersyukur dan menghormati pendahulu dalam perjuangan melawan penjajah.

“Simbolisasi di kirap, meskipun sederhana, kami bersama teman-teman forkopimda melakukan jalan kaki dalam rangka syukur-hormat meneruskan tradisi nguri-nguri budaya. Jadi kalau dulu para pendiri bangsa para pahlawan kita, pejuang kita menghadapi penjajah dengan gerilya. Jadi Gerilya itupun tidak puluhan kilometer, bahkan ratusan kilometer pada waktu itu. Lha kita ini hanya simbolisasi saja“kata Bupati Ony(6/7/2022).

Bupati Ony menyampaikan dengan karunia Kabupaten Ngawi yang luar biasa diharapkan tetap bisa mempertahankan guyub rukun masyarakatnya. Selain itu, pemerintah sekarang ini dapat membangun peradaban lebih baik.

Bupati Ony menyampaikan kirab pusaka menggunakan kereta kencana rencana diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Sedangkan kirab pusaka dengan jalan kaki rencana diselenggarakan setiap tahun.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar