Empat Pusaka Kabupaten Ngawi Dijamas

KBRN, Ngawi Pemerintah Kabupaten Ngawi mennyelenggarakan Jamasan Pusaka secara terbuka setelah dua tahun Jamasan Pusaka dilaksanakan secara terbatas karena pandemi Covid-19. Empat Pusaka Kabupaten Ngawi meliputi Tombak Kyai Singkir, Tombak Kyai Songgo Langit,  Songsong Tunggul Wulung, dan Songsong Tunggul Warono.

Ritual Jamasan Pusaka berjalan begitu khidmat dengan dihadiri langsung oleh Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, Wakil Bupati, Dwi Rianto Jatmiko bersama sejumlah Forpimda lainnya.

Bupati Ony menyampaikan jamasan pusaka menjadi kegiatan rutin setiap tahun saat memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi. Jamasan pusaka yakni  piandel Kabupaten Ngawi di jamas atau dicuci.

”Piandel Agung yang dulunya digunakan oleh pimpinan terdahulu dalam melawan penjajah kini harus kita refleksi karena hal tersebut merupakan bagian dari uri-uri budaya,” Kata Bupati Ony seperti di kutip dari globaldrafnews.com(5/7/2022)

Usai pusaka dijamas, akan dilakukan kirab ke Ngawi Purba untuk diinapkan semalam. Selanjutnya keesokan harinya pusaka akan dikirab dari Ngawi Purba kembali ke Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. Rombongan kirab pusaka menggunakan pakaian khas.(Mk).

Foto : dok. globaldrafnews.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar