Bupati Madiun Resmikan Tourism Information Centre

KBRN,  Madiun  :  Bupati Madiun Ahmad Dawami berharap, Tourism Information Centre (TIC)  bisa menjadi bagian solusi permasalahan masyarakat terutama dari segi ekonomi.  Harapan itu disampaikan bupati Madiun ketika meremikan TIC di Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun, Rabu (19/1/2022). Bupati Ahmad Dawami mengaku sudah memetakan dan mendata potensi kemiskinan ekstrim  di wilayahnya  yang dimungkinkan terjadi  tahun 2023 dan 2024.  Dengan adanya TIC itu nantinya bisa mendukung program Integrated Developmen Plan (Perencanaan Pembangunan Terpadu) termasuk kepariwisataan. Dan pembangunan pariwisata di wilayahnya, kata bupati Madiun, bukan semata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi juga merendahkan belanja dan meninggikan simpanan masyarakat.

“Pariwisata, target saya bukan hanya katakanlah PAD, PADes. Tetapi bagaimana spending money, jadi belanja masyarakat iitu bisa rendah,  saving moneynya lebih tinggi”, katanya.

Untuk mendukung  hal itu, TIC dikoneksikan dengan seluruh destinasi wisata di kabupaten Madiun bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perum Perhutani .  Keberadaan TIC ini, kata bupati Madiun juga untuk memberikan edukasi tentang budidaya tanaman porang.  Dalam TIC disediakan  ruang konsultasi bagi siapa saja yang akan menekuni usaha budidaya porang dan  miniatur kebun porang. Menurut bupati Madiun,  porang yang  ditanam di bawah tegakan  pohon jauh lebih baik dibanding tanaman porang di tengah hamparan tanpa pohon pelindung.

“Ini yang menjadi miniatur porang di kabupaten Madiun.  Situasinyapun mirip mirip dengan yang di hutan.  Tapi ada yang di lahan kosong tidak ada tegakannya di sebelah kanan saya ini. Ini tidak terlalu suubur. Makanya kalau pengen subur ya harus ditanami dulu,  tanami tegakannya”, kata bupati Ahmad Dawami.

Usai meresmikan TIC,  bupati beserta forkopimda kabupaten Madiun melakukan peninjauan  Solar Dryer Dome (bangunan pengering porang dengan sinar matahari)  di desa Sumberbendo kecamatan Saradan. (Haryo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar